Aplikasi Belajar Online Gratis Android

5 Aplikasi Belajar Online Android Gratis Selama Pandemi

Tak sebatas aplikasi belajar matematika saja yang bisa digunakan para pelajar supaya lebih bisa memahami pelajaran. Aplikasi untuk mendukung belajar pelajaran yang lain juga penting. Tak usah bersusah-payah membayar biaya mahal untuk masuk ke bimbingan belajar. Gunakan ponsel untuk membuka aplikasi belajar online Android di bawah ini untuk lebih meningkatkan pemahaman materi pelajaran.

Pemerintah mengharapkan warga agar bekerja, belajar, sekaligus melaksanakan ibadah dari rumah akibat masih berkembangnya pandemi virus corona. Agar bisa ikut memfasilitasi kegiatan belajar di rumah, sejumlah startup pendidikan maupun perusahaan teknologi pun bertekad akan menyediakan layanan gratis aplikasi belajar online Android. Berikut ini beberapa aplikasi belajar online terbaik rekomendasi dari digitalponsel.com:

Aplikasi Belajar Online Gratis Android

Sekolahmu

Aplikasi belajar online Android ini menyajikan banyak bahan belajar yang dapat dibuka dari aplikasi dan juga website resmi. Bahan belajar yang diberikan sudah dibuat dengan bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan antara lain Cikal, Sekolah Lazuardi, dan juga Yayasan Diponegoro.

Kini Sekolahmu sudah menyediakan seluruh bahan pelajaran yang dimiliki dengan gratis sejalan dengan aturan pemerintah yang mewajibkan belajar dari rumah imbas wabah corona. Di website Sekolahmu pun ditemukan sesi sekolah online gratis yang berbentuk live streaming di Youtube, dibimbing pengajar dari sejumlah sekolah.

Kelas Pintar

Menawarkan akses cuma-cuma untuk satu bulan bagi guru dan pelajar Indonesia. Kelas pintar memberikan berbagai bahan ajar bagi para pelajar yang termasuk lengkap. Disediakan pula berbagai fitur lain misalnya fitur assesment untuk memudahkan guru berkomunikasi dengan siswa via internet. Lalu ada fitur Tanya yang dapat dimanfaatkan murid menanyakan ke guru secara online seputar bahan pelajaran atau soal-soal yang susah. Fitur Tanya terbagi dalam dua sesi yaitu jam 09.00-12.00 dan jam 18.00-21.00 sehingga bisa  mengoptimalkan tahap pembelajaran kapan saja dan dari mana saja.

Zenius

Menghadirkan fasilitas belajar sendiri yang gratis sebagai langkah persiapan menghadapi Ujian Nasional. Pengguna dapat memanfaatkan ribuan materi video pelajaran lengkap mulai tingkat SD, SMP, SMA baik itu kurikulum KTSP, kurikulum 2013, maupun kurikulum 2013 revisi. Aplikasi belajar online android ini dapat didownload dari Play Store. Kecuali dapat digunakan secara gratis, kebanyakan video pembelajaran disajikan dengan bentuk whiteboard sehingga hanya membutuhkan kuota internet sedikit.

Ruangguru

Menyelenggarakan program sekolah online gratis tiap hari antara jam 08.00-12.00 WIB tiap Senin hingga Jumat. Sekolah online dapat dibuka via aplikasi. Sekolah online disiapkan untuk seluruh tingkatan kelas untuk mata pelajaran utama berdasarkan kurikulum nasional dengan dibimbing pengajar berpengalaman . Program tersebut dapat dinikmati setiap pengguna apakah yang telah berlangganan ataupun yang belum. Seluruh mata pelajaran mulai kelas 1 SD hingga kelas 12 SMP yang meliputi IPA IPS langsung dibahas secara live secara paralel tiap hari sebagaimana belajar di sekolah.

Program tadi dapat digunakan oleh siswa dimana sekolah mereka libur ataupun yang masih masuk. Sesi belajar online yang telah tuntas pun dapat diputar kembali bila memang masih ada materi yang belum jelas. Kecuali sekolah online, para siswa juga dapat mencoba menyelesaikan soal-soal dalam fitur bank soal dan try out dengan gratis.

Aplikasi Ruangguru dapat didownload dari Play Store. Ruangguru telah berkolaborasi dengan operator Telkomsel dengan menyediakan kuota internet gratis sebesar 30 GB untuk penggunanya sehingga bisa membuka bahan belajar hingga satu bulan terus menerus.

Google Suite for Education

Menghadirkan berbagai fitur yang akan memfasilitasi para pelajar dan guru dalam menjalankan kegiatan belajar-mengajar di mana saja dan kapan saja, via online atau tatap muka langsung. Fitur itu adalah Classroom. Dengan Classroom para guru dapat membentuk kelas yang dapat dihadiri siswa-siswa mereka secara daring. Dari “kelas” itu, guru dapat mencoba komunikasi secara chat, menyediakan tugas, menilai dan juga streaming video.

Google Suite for Education tersedia secara gratis untuk keperluan aktifitas belajar mengajar.

Microsoft: Office 365 for Education

Aplikasi ini meliputi program Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, ditambah tool ruang kelas yang lain. Menggunakan layanan tersebut, guru dan siswa dapat mengembangkan ruang kelas yang selalu terhubung via internet. Fasilitas ini dapat dinikmati secara cuma-cuma cukup dengan menambahkan link e-mail sekolah yang resmi di laman Microsoft Indonesia yang menjelaskan mengenai produk Office 365 Education.

Quipper School

Merupakan program sekolah digital bebas iuran. Dengan aplikasi belajar online android ini, guru bisa menyediakan dan mengatur bahan pembelajaran, ujian, sekaligus nilai via online. Sementara itu murid bisa menyelesaikan PR, tugas, maupun ujian secara online tanpa kesulitan mengaksesnya.

Quicker School mengaplikasikan fitur manajemen kelas digital  atau Learning Management System/LMS. Dikatakan bahwa LMS merupakan jawaban untuk mengoptimalkan aktifitas belajar-mengajar untuk para guru maupun murid sebagai langkah pencegahan terkait masih adanya pandemi Covid-19.