5 Makanan Khas Indonesia Yang Kelezatannya Diakui Dunia

Jika berbicara mengenai kuliner atau makanan khas Indonesia memang tidak ada habisnya. Apa lagi di jaman sosial media yang sangat maju ini banyak influencer tentang makanan bermunculan.

Mereka membagikan pengalaman mereka tentang menjelajah makanan daerah yang lagi hangat-hangatnya. Namun tidak semua makanan yang sedang ramai saat ini merupakan kuliner asli Indonesia.

Banyaknya budaya luar yang masuk ke Indonesia mempengaruhi budaya kuliner dari segi penampilan dan bahkan cita rasa.

Namun dari semua itu ada beberapa kuliner Indonesia yang diakui dunia loh, yang membuat makanan-makanan ini menjadi sangat populer di Indonesia maupun turis mancanegara.

Penasaran apa saja itu? Yuk langsung aja kita bahas!

1. Rendang

Makanan khas Minangkabau ini memang tidak perlu dipertanyakan lagi tentang kenikmatannya. Sejak rendang ramai menjadi pembicaraan di Internet, nama rendang ini semakin populer.

Makanan yang berbahan dasar daging sapi ini merupakan makanan yang dapat bertahan lama. Hal itu terjadi karena proses pemasakannya yang membutuhkan waktu yang sangat lama yaitu 4 jam.

Rendang  dapat disimpan dan dijadikan bekal lauk perjalanan saat kita sedang melakukan perjalanan jauh atau untuk menjadi teman nasi saat kita malas keluar untuk mencari makanan.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng yang sering kita beli di abang-abang pinggir jalan merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang juga disukai dunia loh.

Walaupun nasi goreng merupakan makanan sederhana yang juga dapat kita temui di luar negeri, namun nasi goreng Indonesia memiliki cita rasa yang unik.

Cita rasa yang dimiliki nasi goreng Indonesia kebanyakan berasal dari pemakaian rempah yang beraneka ragam. Sambal khas Indonesia pun tidak lupa ikut terlibat dalam makanan yang lezat satu ini.

3. Sate

Makanan yang terbuat dari daging yang ditusuk ini juga merupakan yang disukai dunia. Sate yang berasal dari bahasa Tamil "catai" yang berarti daging ini memiliki bumbu yang sangat nikmat.

Bumbu sate yang terbuat kacang yang digiling halus ini memiliki cita rasa yang dapat membuat perut kita langsung lapar.

Walaupun kita dapat menemukan sate di berbagai negara, namun sate di Indonesia tetap yang menjadi juaranya.

4. Tempe

Tempe, makanan favorit bagi orang Indonesia yang sangat cocok jika digoreng dan dinikmati dengan sambal dan juga nasi putih.

Walaupun sederhana dan terbilang "murahan', jangan salah sangka dulu, di Jepang makanan yang satu ini cukup populer loh. Bahkan sekali mereka mencicipi tempe, mereka langsung ketagihan.

Olahan makanan yang terbuat dari kedelai ini memang cukup nikmat jika dipadukan dengan makanan lainnya. Di Jepang awal mulanya tempe ini dikenalkan oleh orang Indonesia yang menyajikan tempe ini dalam suatu acara bazaar, dan sampai sekarang tempe ini pun cukup favorit bagi orang Jepang.

5. Indomie Rasa Ayam Panggang Jumbo

Tahukah kamu kalau Indomie rasa ayam panggang merupakan ramen instan terenak di dunia?

Yup, walaupun Indomie sebenarnya adalah mie instan yang bukan ramen, namun tetap saja mie instan dan ramen memiliki kemiripan tersendiri.

Baru-baru ini dunia internet digegerkan dengan dinobatkannya indomie rasa ayam panggang ini menjadi ramen instan terenak di dunia menurut LA Times, koran harian di Amerika Serikat.

Menurut Peterson, food columnist di LA Times menyebutkan jika Indomie varian rasa ini merupakan ramen instan terenak menurutnya.

Sedangkan indomie goreng original kesukaan masyarakat Indonesia jatuh di urutan ke-10.