5 Makanan yang Mengandung Zinc dan Dapat Memperkuat Sistem Imun Tubuh!

5 Makanan yang Mengandung Zinc dan Dapat Memperkuat Sistem Imun Tubuh!

Zinc merupakan mineral yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Padahal, fungsi zinc ini sangatlah penting. Zinc mempunyai peranan yang kuat untuk memperkuat sistem imun tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, menjaga pembentukan sel dan juga memecah karbohidrat. Oleh sebab itu, penting untuk kita mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc.

Ditambah lagi 300 enzim di tubuh kita, memerlukan zinc agar dapat berfungsi dengan baik. Nah, berikut ini 5 makanan yang mengandung zinc yang wajib kamu ketahui.

 

Produk Susu

Produk susu seperti keju juga merupakan makanan yang mengandung zinc dan tentunya sangat lezat. Tidak hanya itu, jenis zinc yang ada di dalam produk susu pun juga lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.

Dalam 1 gelas susu mengandung 9% kebutuhan harian zinc.

Produk susu pun juga mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, protein dan vitamin D.

5 Makanan yang Mengandung Zinc dan Dapat Memperkuat Sistem Imun Tubuh!

Kerang-kerangan

Kerang juga menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan zinc yang dapat kamu coba. Sekitar 6 kerang saja telah mengandung 32 miligram zinc.

Tetapi, apabila kamu sedang hamil, maka ada baiknya untuk memasak terlebih dahulu kerang-kerang tersebut hingga matang sempurna. Hal ini penting dilakukan agar terhindar dari keracunan makanan.

 

Telur

Telur merupakan makanan yang mengandung zinc yang disukai oleh banyak orang. Satu telur besar mengandung 5% kebutuhan harian zinc. Selain itu, telur juga memiliki kandungan 6 gram protein, 77 kalori dan 5 gram lemak baik.

 

Legum

Legum merupakan tanaman dari jenis kacang-kacangan (Leguminosae). Beberapa jenisnya, yaitu termasuk lentil dan buncis.

Bagi kamu yang mencari makanan dengan kandungan zinc untuk vegetarian, maka kamu dapat mencoba lentil yang dapat memenuhi kebutuhan harian zinc mencapai 12%. Tidak hanya itu, kacang lentil juga menawarkan protein serta serat tinggi. Tetapi, jangan lupa untuk memasaknya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

 

Biji-bijian Utuh

Bijian-bijian utuh seperti quinoa, bahkan hingga nasi pun juga merupakan makanan yang mengandung zinc didalamnya. Biji-bijian utuh juga mempunyai nutrisi penting lainnya, seperti vitamin B, zat besi, fosfor, magnesium, serat, mangan dan selenium.

Itulah tadi beberapa makanan yang mengandung zinc yang penting untuk kamu ketahui. Ada beberapa gejala kekurangan zinc yang perlu kamu waspadai, seperti diare, luka yang tak kunjung sembuh, munculnya luka terbuka pada kulit, penurunan berat badan yang tidak normal dan lain sebagainya. Kunjungi website resmi produk kesehatan untuk dapatkan tips kesehatan lainnya www.synergyofficial.co.id. Semoga bermanfaat.