5 Tempat Wisata di Sawahlunto yang Bersejarah dan Wajib Dikunjungi

Sawahlunto merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang pernah menjadi pusat penambangan batu bara pada saat zaman Belanda. Meskipun luas kota Sawahlunto tidak terlalu besar, namun kota ini mempunyai daya tarik wisata yang cukup unik. Apakah kamu tertarik menghabiskan liburan disini? Intip apa saja tempat wisata di Sawahlunto yang menarik.

Saran Tempat Wisata di Sawahlunto yang Wajib Didatangi

1. Danau Biru

Sawahlunto mempunyai danau bekas pertambangan yang diberi nama Danau Biru. Destinasi wisata satu ini cukup terkenal oleh masyarakat sekitar. Pemandangan alam yang disuguhkan pun bukan main indahnya. Apalagi lengkap dengan air danau yang sangat jernih dan memantulkan warna biru langit. Kamu bisa mendapatkan jepret foto terbaik diatas puncak Danau Biru.

2. Cemara Sawahlunto

Tempat wisata di Sawahlunto yang dapat dikunjungi selanjutnya adalah puncak cemara. Terdapat bukit yang di sekelilingnya tumbuh pohon cemara. Lewat puncak inilah kamu bisa menikmati pemandangan kota Sawahlunto dari atas. Tempat ini sering dikunjungi karena para pengunjung juga ingin melihat sejumlah spot unik. misalnya seperti hammock, ayunan, hingga balon udara di pinggir puncak cemara.

3. Tambang Batu Bara Ombilin

Tambang ini telah diresmikan oleh UNESCO sebagai situs warisan budaya yang perlu dijaga. Karena penetapan itulah, banyak para wisatawan yang penasaran dengan tambang ini. Disini, kamu bisa menikmati wisata edukatif yang mempelajari sejarah dari tambang tertua di Asia Tenggara.

4. Puncak Poland

Selain puncak cemara, terdapat bukit yang hampir mirip dan diberi nama Puncak Poland. Dari puncak ini kamu bisa mengamati kota Sawahlunto dari berbagai sisi. Apalagi melalui olahraga paragliding yang dapat menikmati keindahan kota dari udara.

5. Makam Belanda

Cukup menarik menjadikan makam sebagai destinasi wisata. Meskipun begitu, jika kamu tertarik atau menyukai hal-hal yang menantang bisa datang kesini sebagai uji nyali. Letak makam ini berada di area perbukitan Lubang Panjang.

Nah, demikianlah beberapa saran tempat wisata di Sawahlunto yang menarik dan populer dikalangan para wisatawan. Kamu bisa menghabiskan liburan dengan lebih bermanfaat sambil belajar sejarah-sejarah di Sawahlunto.