5 Tips Sukses Kuliah Arsitektur

Jurusan arsitektur termasuk dalam jurusan yang ada di bawah naungan fakultas teknik yang diketahui juga masuk dalam jurusan yang tidak mudah ditempuh. Untuk bisa masuk dalam jurusan ini, setidaknya kamu harus mempelajari berbagai skill. Tidak hanya itu, selama masa perkuliahan pun, kamu harus rela banyak begadang karena jurusan satu ini punya tugas yang cukup menggunung.

Kalau saat ini kamu sedang menjalani masa kuliah arsitek atau akan masuk ke jurusan arsitek, penting buat kamu untuk mengetahui tips-tips sukses menjalani perkuliahan di jurusan ini. Langsung saja, simak yuk tips selengkapnya berikut.

Jangan Hanya Mengandalkan Bakat Menggambar

Tidak dipungkiri, skill menggambar menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki saat memasuki jurusan arsitek. Namun, hanya bakat menggambar saja sebenarnya masih tidak cukup. Bekal kemampuan berhitung serta kemampuan kritis untuk memecahkan masalah juga sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Disamping itu, pengetahuan dan kemampuan menggunakan teknologi juga tak bisa dilepaskan dari jurusan arsitek. Untuk itu, bila saat ini kamu masih merasa kurang dalam kemampuan tersebut, kamu bisa memulai untuk mengasahnya lebih dalam, sehingga nantinya bisa dengan mudah mengikuti perkuliahan di jurusan arsitek.

Banyak Mencari Referensi Bangunan Unik

Di jurusan arsitek, mencari referensi bangunan unik di masa kini dan masa lalu termasuk salah satu kunci untuk menjadi kreatif. Terlebih lagi di jurusan arsitek kamu memang dituntut untuk memberikan ide-ide fresh dalam hal desain pembangunan. Nah, dengan melihat bangunan-bangunan unik yang ada di dunia, setidaknya itu bisa memicu sehingga untuk memicu munculnya ide kreatif atau inspirasi baru di dunia arsitek.

Ikut Magang di Tengah Liburan Semester

Masa liburan memang menjadi masa yang menyenangkan karena artinya kamu bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersantai. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga untuk mengisi liburan dengan kegiatan yang produktif seperti ikut magang di perusahaan yang membutuhkan jasa arsitek.

Magang tentunya akan memberikan banyak manfaat, misalnya bisa menambah pengalamanmu bekerja dan mengenal lebih dalam pekerjaan seorang arsitek secara langsung. Bahkan, pengalaman magang nantinya juga bisa menambah poin dalam CVmu.

Belajar Software yang Berhubungan dengan Arsitektur

Dalam menjalani perkuliahan di jurusan arsitek, kamu tidak akan bisa lepas dari penggunaan software-software seperti AutoCAD, Sketch Up, Archicad, dan lainnya. Akan sangat penting buat kamu untuk terus mengasah kemampuan menggunakan software tersebut. Jika saat ini kamu sedang persiapan untuk masuk ke jurusan arsitek, tak ada salahnya untuk memulai belajar aplikasi ini sejak sekarang. Sehingga, nantinya ketika sudah menjalani masa kuliah, kamu tak perlu belajar dari nol dan hanya perlu mengasah lebih tajam kemampuan tersebut.

Bijak dalam Mengelola Waktu

Tidak jauh berbeda dari jurusan lain yang ada di fakultas teknik, jurusan arsitek juga tak ketinggalan dengan banyaknya tugas yang dibebankan kepada mahasiswa. Terkadang satu tugas bahkan membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk menyelesaikannya.

Dengan adanya fakta ini, bisa dikatakan jika manajemen waktu adalah hal penting yang harus kamu kuasai saat mendapatkan tugas yang menggunung. Tanpa adanya pengelolaan waktu yang bijak dan cerdas, kamu nantinya akan dibuat kalang kabut untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Bahkan, bisa jadi kegiatan lain di luar kegiatan mengerjakan tugas juga bisa terbengkalai.

Nah, demikian seluruh tips sukses yang patut digunakan oleh anak-anak jurusan arsitek yang saat ini sedang berjuang menyelesaikan perkuliahan. Bila kamu tertarik untuk menyimak lebih lanjut tips-tips lain selama berkuliah di fakultas teknik, terdapat satu situs yang dapat kamu kunjungi yaitu perpusteknik.com untuk mendapatkan referensi mulai dari tips hingga ilmu di bidang teknik.