Tutorial Blogging 

6 Langkah Blogging untuk Pemula

Saat ini, blogging sudah sangat populer dilakukan oleh berbagai kalangan. Tujuannya pun bermacam-macam. Ada yang sekedar menyalurkan hobi lewat tulisan, ada juga yang memang berniat untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Caranya sangat mudah, Anda cukup mendaftar pada platform penyedia blog. Tak heran jika banyak penulis yang menunjukkan portofolionya lewat media blog tersebut. Berikut ini tutorial blogging untuk pemula secara singkat dan praktis.

6 Langkah Tutorial Blogging untuk Pemula

Ada 6 langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk memulai aktivitas blogging. Semua akan dijelaskan secara singkat namun mudah dimengerti. Hal yang perlu dilakukan adalah Anda harus yakin bisa menulis. Jika tidak, maka blog yang dimiliki nantinya hanya akan menjadi tempat mati saja. Serupa dengan rumah yang sudah dibangun namun tidak ditinggali. Oleh karena itu, memiliki blog juga harus dirawat artikel-artikelnya, supaya pengunjung bisa mengambil manfaat. Inilah 6 langkah tutorial blogging untuk pemula.

Tutorial Blogging 

1. Menentukan tema blog

Tema, atau biasa disebut para blogger dengan niche blog adalah hal mendasar yang harus ditentukan. Hal ini menyangkut target pembaca dan memudahkan Anda untuk menghasilkan artikel-artikel yang menarik. Namun bukan berarti tidak ada blog sukses yang memiliki tema campuran. Jika Anda fokus pada satu tema, cara mempromosikan blog akan jauh lebih mudah. Traffic blog Anda akan cepat ramai dan akan cepat memiliki pengunjung setia.

2. Memilih platform

Penyedia blog saat ini sudah banyak. Ada yang berbayar maupun gratis. Jenis hosted memungkinkan Anda menikmati layanan blogging secara gratis. Maksudnya, Anda menumpang pada domain yang dimiliki penyedia layanan tersebut. Misalnya saja yang sangat populer saat ini blogspot dan wordpress. Bagi sebagian orang, cara ini sangat mudah dan ringan karena tanpa biaya. Namun jika ingin terkesan lebih profesional, ada baiknya Anda memilih self-hosted saja dengan domain dan hosting pribadi.

3. Mencari penyedia layanan hosting dan domain

Penyedia layanan ini sudah sangat mudah ditemukan. Cukup mengetikkan kata-kata tersebut di mesin pencari google, maka akan keluar hasil telusurnya. Beberapa diantaranya juga rajin mengadakan promo untuk menarik pelanggan baru. Banyak iklan seputar domain dan hosting yang terpasang di google sehingga akan sering muncul di pencarian Anda. Pilih layanan yang profesional, Anda bisa melihat dari testimoni yang ada. Jika punya kenalan yang hobi membuat website, mintalah rekomendasinya.

4. Menentukan nama domain

Domain adalah identitas yang melekat pada blog Anda. Seperti sebuah nama untuk anak, Anda harus memikirkan dengan cermat pemilihan nama ini. Tujuannya supaya mudah diingat oleh pembaca, sehingga nantinya mereka tidak akan kesulitan dalam mencari alamat blog Anda. Nama yang simple dan sederhana sangat disukai oleh masyarakat. Sesuaikan dengan isi blog Anda, ya.

5. Instalasi blog self-hosted dengan platform wordpress

Jika menggunakan platform wordpress dan memilih self-hosted, Anda harus melakukan instalasi terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, Anda bisa mencarinya di google karena sudah banyak yang membuat artikel tentang hal itu. Waktu yang dibutuhkan juga relatif cepat.

6. Mempelajari kerja wordpress

Setelah instalasi sukses dilakukan, Anda harus mempelajari cara menjalankan blog tersebut. Mulai dari bagaimana mem-posting tulisan, melihat traffic, membuat draft artikel, mengelompokkan artikel, hingga memonetisasi blog menjadi penghasil uang. Semuanya bisa Anda dapatkan di google.

Itulah beberapa langkah tutorial blogging untuk pemula. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa menggunakan jasa pembuat website yang ada di pasaran. Selamat mencoba!