manfaat madu untuk kucing

6 Manfaat Madu Untuk Kucing, Mulai Dari Obat Hingga Suplemen

Madu adalah minuman yang sangat direkomendasikan oleh Nabi Muhammad SAW, karena khasiatnya yang sangat bagus untuk kesehatan. Bahkan manfaat madu tak hanya bisa dirasakan oleh manusia, melainkan juga dapat dirasakan oleh hewan seperti kucing.

manfaat madu untuk kucing

Hanya saja untuk cara memberikan madu pada kucing tentu beda dengan manusia. Yang mana hanya boleh sedikit saja, itu pun ditaruh pada wadah minumnya biar tidak kemanisan.

Ngomongin soal khasiat madu untuk kucing, memang beneran ada yah ? Lalu kalau ada memangnya manfaatnya apa saja ?

Khasiat Madu Untuk Kucing

Dilansir dari situs myhewan , ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh kucing setelah mengkonsumsi madu. Diantaranya :

1. Sebagai Obat

Yah, madu memang dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk ke kucing. Bila kucing Anda terkena flu, lemas, masuk angin, perut kembung. Bisa Anda coba kasihkan madu ke mereka setiap hari.

Biasanya keadaan kucing akan berangsur angsur membaik. Yang penting jangan berikan madu secara berlebihan, takut malah kucing jadi diabetes.

2. Suplemen Kucing

Nah yang tak kalah bagus adalah, madu dapat dijadikan sebagai suplemen kucing. Di mana nanti si madu akan membantu tubuh kucing agar tetap fit dan tidak mudah sakit.

Kandungan nutrisi yang dihasilkan lebah dari berbagai nektar tanaman membuat madu tersusun dari nutrisi nutrisi penting dari setiap tumbuhan.

3. Melindungi Dan Menyehatkan Pencernaan

Dalam dunia kesehatan, madu memang cukup dikenal sebagai salah satu obat yang dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Sehingga apabila kucing Anda rutin konsumsi, maka bisa membuat pencernaannya menjadi lancar dan sehat.

4. Menambah Nafsu Makan

Salah satu ciri kucing yang sering diberi madu memang memiliki nafsu makan yang tinggi. Sehingga madu sangat cocok Anda jadikan sebagai mood booster bagi kucing.

Oleh sebab itu, kucing yang suka madu tentu akan memiliki berat badan yang ideal. Karena nafsu makanya bagus.

5. Anti bakteri Dan Anti Mikroba

Khasiat madu untuk kucing yang kelima adalah sebagai anti bakteri. Zat yang ada dalam kandungan madu terkenal dapat membunuh dan menyingkirkan organisme jahat yang dapat membahayakan tubuh. Anda dapat memberinya dengan dosis ½ sendok teh dengan dicampur air minum, lakukan itu secara rutin untuk mendapat hasil terbaik.

6. Memperpanjang Umur

Dari dulu madu memang cukup dikenal sebagai salah satu jamu untuk membuat awet muda dan memperpanjang umur. Maka tak heran jika dalam agama Islam, mengkonsumsi madu sangat dianjurkan. Kuncinya, jangan berlebihan dalam memberikan madu ke kucing, apalagi tubuh kucing sangat kecil dibandingkan dengan ukuran tubuh manusia.

Catatan : Madu cocok untuk semua jenis RAS kucing, entah Persia, Anggora, British, Russian Blue, Savannah, dll. Yang penting kasihkan ke kucing secukupnya saja missal ¼ sampai ½ sendok teh. Bisa sehari sekali atau cukup 2 hari sekali.