7 Keunggulan Alpukat Pluwang yang Wajib Anda Ketahui

Di Indonesia terdapat berbagai jenis tanaman yang dapat tumbuh dan berbuah dengan baik, salah satunya adalah alpukat. Buah alpukat sendiri memiliki jenis yang beragam dan berbeda-beda, bahkan memiliki keunikannya sendiri. Beberapa jenis alpukat seperti alpukat aligator, alpukat bullfrog, alpukat wina dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Nah, Satu lagi buah alpukat yang memiliki banyak keunggulan adalah alpukat pluwang.

Bibit alpukat pluwang sekarang banyak dicari oleh petani dan pembudidaya alpukat karena memiliki berbagai macam keunggulan. Beberapa keunggulan yang ada di dalam buah alpukat adalah :

1.    Memiliki Ukuran Buah yang Besar.

Buah alpukat pluwang dikenal memiliki ukuran buah yang besar bahkan bobot dari alpukat mentega yang satu ini mencapai 1 – 1,2 kg satu buahnya. Bahkan pada beberapa kasus buah alpukat pluwang ini bisa mencapai bobot hingga 2 kg. Ukuran berat ini bahkan dinilai melebihi ukuran alpukat lokal pada umumnya yang memiliki ukuran 3 kali lebih kecil.

2.    Memiliki Bentuk yang Unik

Selain terkenal karena ukuran buahnya yang besar. alpukat pluwang juga dikenal karena memiliki bentuk buah yang indah yang tampak seperti badan gitar yakni bagian bawahnya berukuran lebih besar dengan bentuk yang bulat. Untuk bagian bagian pangkalnya memiliki bentuk yang kecil dan memanjang alias lonjong. Alpukat pluwang juga memiliki kulit berwarna hijau gelap dan memiliki bintik-bintik pada kulitnya yang terlihat mengkilap.

3.    Memiliki Daging Buah Yang Tebal

Karena bentuk buah dari alpukat pluwang yang besar membuat daging buahnya lebih tebal jika dibanding dengan jenis alpukat lain. warna buahnya kuning seperti mentega. Kemudian tekstur buah dari alpukat pluwang terasa padat, tetapi lembut dan pulen saat digigit. Daging buah dari alpukat pluwang juga lebih kering jika dibandingkan dengan jenis alpukat lain kemudian lebih kering dan kandungan minyak dalam buahnya tidak terlalu banyak. Karena daging buahnya yang tebal ini membuat biji alpukat pluwang menjadi kecil.

Baca Juga : Jual Bibit Alpukat Pluwang atau Pangeran – Buah Lezat Cocok Untuk Dijadikan Jus

4.    Memiliki Rasa yang Nikmat

Alpukat pluwang memiliki rasa buah yang sangat nikmat. Hal ini dapat terjadi karena buah alpukat pluwang masih termasuk alpukat mentega yang buahnya memiliki rasa manis dan gurih. Karena rasa lezatnya ini alpukat pluwang banyak diburu oleh pecinta buah alpukat nusantara dan menjadi primadona.

5.    Kulit Buahnya Mudah Dikupas.

Kulit buah dari alpukat pluwang sangat mudah dikupas, bahkan mirip seperti mengupas pisang dan kita bisa langsung menikmati buahnya. Hal ini memudahkan kita ketika sedang menikmati buah alpukat pluwang.

6.    Buahnya Lebih Cepat Matang

Walaupun ukuran buahnya sangat besar, tetapi durasi kematangan buah alpukat pluwang terbilang sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 3 – 5 hari setelah masa pemetikan maka buah dari alpukat pluwang biasanya sudah matang. Bibit alpukat pluwang memang memiliki kemampuan mematangkan buah lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis alpukat yang lain.

7.    Bibitnya Bersifat Genjah

Jika anda memiliki pohon alpukat pluwang, keunggulan yang paling baik dari pohonnya adalah memiliki sifat yang genjah. Artinya bibit alpukat pluwang dapat berbuah dengan cepat. Bahkan hanya membutuhkan waktu 2 – 3 tahun setelah penanaman maka buah alpukat pluwang sudah bisa dipanen.

Itulah 7 keunggulan dari alpukat pluwang. Semoga anda sudah tidak kesulitan dalam mencari bibit alpukat unggul untuk kegiatan bercocok tanam anda.