kanker serviks menular?

Bagaimana Kanker Serviks Dapat Menular?

Pada umumnya kanker bukan jenis penyakit menular. Karena kanker merupakan kondisi gangguan fungsi DNA pada sel, yang biasanya tidak berkaitan dengan infeksi sama sekali. Namun, kanker serviks berbeda dari kanker pada umumnya. Kanker serviks dapat menular. Temukan informasi lebih jelasnya dalam ulasan berikut yang dikutip dari laman deherba.com.

Apa Itu Kanker Serviks?

kanker serviks menular?

Kanker serviks juga lazim disebut dengan kanker mulut rahim. Ini merupakan penyakit kanker yang berkembang pada area mulut rahim, atau juga lazim disebut dengan serviks. Tidak berbeda dari kanker lain, kanker ini terjadi akibat mutasi DNA pada sel-sel yang terdapat pada area serviks.

Kanker ini menyebabkan sel sel berkembang abnormal, tumbuh lebih masif disertai peradangan berat yang merusak fungsi dari sel-sel di area serviks ini. Hanya saja perkembangan kanker pada serviks menjadi beresiko karena letaknya yang dekat dengan rahim dan sejumlah organ penting lain seperti saluran kencing, usus besar dan ginjal.

Yang menjadikan kanker serviks berbeda dan dapat menular sebenarnya terletak pada penyebab dari kanker tersebut. Penyebab utama dari kanker serviks adalah infeksi HPV. Infeksi ini menjadi faktor pendorong kerusakan sel yang masif dan berujung pada kanker.

Apa itu infeksi HPV?

HPV adalah singkatan dari Human Papilloma Virus. Virus ini mudah sekali menginfeksi manusia, biasanya menyerang area vagina dan organ kemaluan termasuk serviks. Namun juga diketahui kerap menyerang area mulut dan tenggorokan.

Sebenarnya infeksi HPV adalah kondisi yang lazim terjadi. Sebagian besar infeksi berakhir dengan terbentuknya semacam abses ringan pada area terpapar dan akan sembuh dengan sendirinya, tanpa menyisakan masalah serius.

Tetapi beberapa kasus infeksi menyebabkan terbentuknya abses yang lebih luas, disertai dengan tumbuhnya kista-kista kecil dan besar yang bertumpuk. Abses dan kista bertumpuk ini yang ketika diabaikan dapat berkembang menjadi kanker.  

Infeksi HPV yang menyerang area serviks dapat memicu kanker serviks. Tetapi infeksi ini juga dapat menjadi penyebab kanker pada area lain termasuk kanker penis, kanker anus serta mulut dan tenggorokan. Dalam jumlah terbatas, infeksi ini juga berasosiasi dengan kanker paru paru.

Bagaimana Kanker Serviks Dapat Menular?

Dari gambaran di atas dapat disimpulkan bahwa kanker serviks dapat menular karena efek dari infeksi HPV yang menjadi penyertanya. Tetapi perlu dicatat sebenarnya bukan mutasi DNA yang menular disini, melainkan infeksi HPV.

Infeksi ini menyebar melalui proses aktivitas seksual baik itu berupa sentuhan fisik pada organ genital hingga terjadinya penetrasi seksual. Aktivitas seksual lain seperti oral seks dan anal seks juga meningkatkan resiko penularan pada area mulut, tenggorokan dan anus.

Mereka dengan kasus kanker serviks rentan untuk menularkan penyakit infeksi HPV yang juga menyertainya. Karena secara medis 90% kasus kanker serviks memang berkaitan dengan infeksi HPV. Artinya hampir semua pasien kanker serviks juga mengidap infeksi HPV.

Yang perlu menjadi catatan di sini, karena yang menular sebenarnya bukan kanker yang berkembang melainkan infeksi penyertanya. Maka mereka yang terpaksa tertular infeksi tidak akan serta merta mengalami kanker.

Karena sebenarnya infeksi HPV sangat mungkin untuk diobati. Semakin dini pengobatan semakin mudah penyembuhannya. Dengan terapi yang intensif dan cepat, infeksi ini bisa segera diatasi sebelum berkembang jauh menjadi kanker.

Itulah gambaran yang lebih jelas soal bagaimana kanker serviks dapat menular. Dapat disimpulkan bahwa sebenarnya penularan terjadi pada infeksi HPV yang menyertai penderita kanker serviks. Dan sebagaimana diurai oleh deherba.com. dengan terapi yang tepat, infeksi HPV tidak selamanya akan berakhir menjadi kanker serviks.