ban

Ban Tubeless Bocor? Anda Bisa Tambal Sendiri Kok

ban

Ban tubeless bocor jadi salah satu permasalahan yg cukup mengganggu bagi pemilik kendaraan bermotor. Bila terjadinya bocor dalam wilayah berpenduduk yang ramai serta kebetulan ada tukang tambal ban, pasti ini tidak jadi masalah. Tetapi, bagaimana jika ban kita kebetulan bocor di wilayah yang sangat sepi?

Untungnya, sekarang menambal ban tidak harus di tukang tambal ban. Pemilik kendaran bermotor bisa menambal ban sendiri dengan memakai tire repair kit. Barang ini benar-benar pas dibawa waktu Anda mudik kelak.

Umumnya, satu paket peralatan ganti ban berisikan alat congkel atau pelubang, pengait, lem tambal, amplas, dan tambalannya tersebut.

Satu paket peralatan ganti ban dipasarkan pada harga yang bermacam, bergantung brand, jumlahnya alat, serta kualitas alat-alatnya. Dari beberapa situs jual beli online contohnya, ada yang jual seharga Rp 25-40 ribu.

Walau harga bermacam, tapi selama penelusuran, tidak ada yang harga melewati Rp 50 ribu. Terkecuali, penjual memang menjualnya bukan satu set, tetapi beberapa set pada sebuah box.

Umumnya, manual tire repair kit berada di bungkusnya. Langkah memakainya cukup gampang serta cuma perlu waktu beberapa waktu saja. Dirangkum dari sotus otoaja.com, Berikut langkah memakai alat ini dan gambar penjelasnya:

1. Lepas paku

Langkah ini dikerjakan bila ban bocor karena disebabkan terdapatnya paku yang tertanam. Dalam ini, umumnya tire repair kit tidak sediakan alat pencabutnya. Anda bisa memakai tang di step pertama ini.

2. Lubangi titik yang bocor

tahap selanjutnya, lubangi titik kebocoran dengan alat pembuka lubangnya. Umumnya, alat pembuka lubang ini ujungnya berupa seperti mur. Masukan alat itu semaksimal mungkin, serta gerakkan maju mundur sampai lubang longgar.

3. Masukan tambal

Kemudian, mengambil tambal yang dibuat dari karet. Bahan berikut yang akan dipakai untuk menambal titik kebocoran. Cukup pakai 1/2 sisi karet. Kemudian, masukan karet ke lubang memakai pengait yang sudah diberi lem. Masukan sampai 1/2 inchi. Ingat, janganlah sampai karet itu masuk ke ban. Kemudian, cabut pelan-pelan alat pengait.

4. Nantikan karet sampai jadi kering

Kemudian, nantikan karet jadi kering, minimum sepuluh menit. Gunting tersisa karet yang mencolok.

5. Isi angin

Sesudah betul-betul kering, Anda tinggal isi angin seperti biasa. Ingat, di perjalanan mudik, bawa serta pompa ban supaya menambal ban tubeless yang bocor bisa betul-betul dikerjakan sendiri sampai usai.