Beberapa Poin Penting yang Perlu Dikuasai dalam Menulis Lagu

Lagu merupakan salah satu bentuk komunikasi antara penyanyi dengan pendengarnya. Melalui lagu seseorang dapat mengetahui apa yang sedang dirasakan oleh penyanyi dan pesan yang ingin disampaikannya. Seorang penyanyi bisa saja membawakan lagu yang ditulisnya sendiri atau hasil karya orang lain. Menyanyikan lagu ciptaan sendiri merupakan suatu kebanggaan bagi seorang musisi. Untuk dapat menciptakan lagu yang baik dibutuhkan beberapa hal yang harus dikuasai. Lalu apa saja poin yang harus diperhatikan dalam menulis lagu? Simak penjelasan berikut.

Menemukan Inspirasi Lagu

Poin pertama yang perlu diperhatikan sebelum menulis lagu adalah menentukan inspirasi. Lagu erat kaitannya dengan perasaan penyanyi, oleh karena itu tentukan dulu peristiwa apa yang ingin kamu sampaikan lewat lagu agar pendengar bisa menikmatinya. Selain dari pengalaman pribadimu, inspirasi lagu juga bisa kamu dapatkan dari lingkungan dan peristiwa yang dialami oleh orang lain. Dengan begitu, lagu yang akan kamu ciptakan memiliki ruh yang mampu menggetarkan hati pendengarnya.

Menentukan Tipe dan Genre Lagu

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan setelah menemukan inspirasi adalah menentukan tipe dan genre lagu. Hal ini penting dilakukan agar kamu dapat menuliskan kisah tersebut dengan suasana sedih, romantis, atau penuh semangat. Tipe lagu juga menentukan komposisi musik yang akan kamu gunakan. Setelah itu sesuaikan dengan genre lagu yang ada, misalkan lagu romantis maka buatlah dengan genre pop agar padu.

Menulis Lirik Lagu dengan Baik

Lirik lagu menggambarkan pesan penting yang ingin disampaikan penyanyi kepada pendengarnya. Oleh karena itu, dalam membuat lagu di perlukan lirik yang baik, tidak terlalu bertele-tele, dan sarat makna. Buatlah lirik yang bertema dan mengandung cerita yang utuh. Gunakan diksi yang tepat agar lirik yang kamu buat tidak terkesan berlebihan. Lirik yang kamu buat tergolong baik jika dengan membacanya saja seseorang bisa membayangkan kejadian yang kamu gambarkan. Selain itu, selesai menulis bacalah kembali lirik yang kamu buat. Kurangi kata-kata yang tidak perlu atau ganti kata yang dirasa kurang tepat. Dengan begitu kamu akan menghasilkan lirik lagu yang baik.

Menentukan Nada atau Kunci Dasar

Langkah ini penting dilakukan agar penyanyi dapat membawakan lagu dengan tepat. Nada dasar berfungsi sebagai tolok ukur nada yang harus diambil untuk menyanyikan keseluruhan lagu. Jika nada yang diambil terlalu tinggi, maka penyanyi akan kesulitan ketika mencapai chorus. Biasanya penyanyi wanita akan memulai lagunya di nada dasar G, sedangkan laki-laki di nada dasar C. usahakan untuk mengambil nada dasar yang membuatmu nyaman untuk menyanyikan lagu tersebut hingga selesai.

Membuat Nada Lagu Secara Keseluruhan dan Dengarkan

Setelah menentukan nada dasar, maka kamu dapat mulai mencoba membayangkan nada yang akan kamu gunakan untuk keseluruhan lagu. Mulailah dengan nada awal atau intro. Gunakan seluruh kreativitasmu untuk membuat intro yang nyaman didengar serta mudah diingat karena intro yang akan membuat pendengar memutuskan untuk melanjutkan mendengar atau meninggalkan lagu tersebut.

Selanjutnya buat nada melodi atau interlude. Nada ini biasanya muncul dengan menonjolkan alat music tertentu tanpa adanya lirik lagu yang dinyanyikan. Pada bagian ini kamu memberikan jeda kepada pendengar untuk larut dalam perasaan yang kamu sampaikan dengan mendengarkan musik yang dimainkan. Terakhir buatlah nada penutup atau yang biasa disebut outro. Nada akhir ini akan memberikan penutup pada kisah lagu yang kamu bawakan agar diterima pendengar dalam keadaan utuh. Setelah itu, kamu dapat mendengarkan lagumu berulang kali untuk mengetahui hal-hal yang dirasa kurang atau perlu dihilangkan agar menjadi lagu yang indah.

 Dan bila kamu ada rencana untuk menulis lagu batak, maka salah satu website yang wajib dikunjungi adalah pestabatak.com.

Itulah beberapa poin penting yang harus kamu ketahui ketika menulis lagu. Lakukan berulang kali agar kamu bisa menjadi penulis lagu yang profesional.