Berbagai Jenis Mimbar Masjid Yang Familiar Digunakan

Mimbar masjid merupakan sebuah bagian penting untuk sebuah masjid. Bukan hanya sebagai pelengkap, namun kegunaannya saat ini juga sudah menjadi kebutuhan yang urgent. Terlebih untuk model masjid modern dan masjid-masjid besar di pusat kota, dimana sebuah mimbar memiliki fungsi lain yaitu sebagai simbol. Simbol yang menggambarkan karakteristik dari sebuah masjid itu sendiri.

Jika mau detail dalam memperhatikan, ada banyak sekali jenis mimbar masjid yang saat ini digunakan dengan fungsi yang berbeda-beda. Berbagai macam mimbar saat ini banyak sekali ditemukan dengan desain dan keunikan yang berbeda-beda. Selain dapat memperindah dan menambah tampilan interior menjadi lebih elegan, mimbar masjid dengan jenis yang unik juga akan membuat kesan interior masjid menjadi lebih hidup.

Kebanyakan beberapa mimbar yang biasa digunakan terbuat dari kayu dengan kualitas bagus. Sebab penggunaan mimbar yang notabene untuk jangka panjang, membutuhkan kualitas bahan baku yang tahan lama pula. Tak heran jika untuk mendapatkan satu mimbar saja, harganya sudah sangat fantastis.

Jenis Mimbar Yang Sering Ditemui

Adapun jenis mimbar masjid yang banyak digunakan, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah desain masjid sendiri, dimana mimbar biasanya menyesuaikan desain masjid agar terlihat lebih serasi.

  • Mimbar masjid biasa

Mimbar ini merupakan jenis pendahulu yang pertama kali keluar. Sebelum masjid mengalami transformasi desain yang lebih modern. Periode penggunaan mimbar ini juga cukup lama, dan bahkan hingga saat ini juga masih banyak ditemukan pada masjid-masjid tua. Mimbar ini berbentuk seperti mimbar biasa dengan tidak banyak ornamen dan hiasan. Sehingga lebih simpel untuk desainnya dan hanya dikhususkan untuk khutbah dan acara lain.

  • Mimbar portable

Dari namanya saja sudah jelas bahwa jenis mimbar masjid yang satu ini merupakan jenis mimbar yang fleksibel. Mimbar ini bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Biasanya mimbar ini terbuat dari bahan yang ringan seperti alumunium, baja ringan yang dipadukan dengan kaca sebagai podiumnya.

  • Mimbar ukir

Mimbar ini adalah jenis yang saat ini banyak sekali di incar. Selain dengan bentuknya yang indah, ornamen berupa ukiran juga akan menambah kesan mimbar menjadi lebih futuristik. Biasanya mimbar ini terbuat dari bahan kayu berkualitas seperti kayu jati dan mahoni. Dan untuk harganya sendiri memang lumayan menguras kantong. Namun harga tersebut memang pantas untuk keindahan mimbar yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Itulah beberapa jenis mimbar masjid yang sering digunakan di beberapa masjid, dan mungkin juga termasuk masjid di lingkungan anda. Selain penggunaannya yang semakin penting, jenis mimbar juga semakin mengalami evolusi dengan berbagai jenis dan bentuk. Sehingga mampu menambah keindahan interior pada sebuah masjid.