Bermimpi Jualan Hingga Pasar Internasional? Inilah Tips Memasuki Marketplace Luar Negeri

Sebagai seorang pengusaha, tentu Anda pernah berpikir untuk melakukan ekspansi bisnis salah satunya memasuki pasar internasional. Pengembangan bisnis merupakan hal penting yang patut dipertimbangkan oleh setiap pengusaha, agar bisnisnya semakin dikenal sehingga mampu mendatangkan keuntungan maksimal.

Namun umumnya akan muncul pertanyaan, bagaimana caranya memasarkan produk ke luar negeri? Cara melebarkan sayap bisnis di luar negeri yang paling efektif dan mudah dilakukan adalah dengan memasarkan produk di marketplace internasional.

Tips Memasuki Marketplace Luar Negeri

Sebelum Anda terjun ke marketplace luar negeri, terlebih dahulu simak tips berikut ini!

  • Melakukan Riset Pasar

Karena calon konsumen Anda adalah orang luar negeri yang tentu memiliki perbedaan salah satunya dari segi selera, hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah melakukan riset pasar. Riset pasar luar negeri sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana selera pasar luar negeri, produk apa yang paling mereka butuhkan, dan lain sebagainya.

  • Memahami Peraturan

Setelah Anda melakukan riset pasar, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memahami peraturan yang berlaku terkait dengan perdagangan internasional. Masing-masing marketplace pasti memiliki peraturan tersendiri mengenai mekanisme transaksi, distribusi, produk apa saja yang boleh dan tidak boleh dijual, bea cukai, dan lain sebagainya.

  • Menawarkan Produk Unik

Karena Anda berjualan di marketplace internasional, itu berarti kompetitor Anda pun datang dari seluruh penjuru dunia. Karena itulah sangat penting untuk menawarkan produk yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, terlebih bagi pasar internasional.

Hindari menjual produk mainstream yang sangat mudah ditemukan di luar negeri, fokuslah pada produk unik seperti produk lokal, kerajinan lokal atau kerajinan handmade yang hanya dapat ditemukan di Indonesia.

  • Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Calon konsumen Anda merupakan orang luar negeri yang tentunya menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Karena itulah Anda perlu untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda untuk dapat memahami seluruh proses yang ada di marketplace, termasuk peraturan serta mekanisme pengiriman dan penjualan.

Tak hanya itu, Bahasa Inggris juga diperlukan sebagai bahasa pengantar untuk dapat berkomunikasi dengan konsumen Anda.

  • Manfaatkan Promosi yang Disediakan Oleh Marketplace

Tak jauh berbeda dengan marketplace lokal, marketplace internasional juga kerap mengadakan beragam promosi yang dapat menarik para konsumennya. Anda sebagai penjual harus jeli dan pintar dalam memilih promosi apa yang tepat bagi produk Anda, sehingga efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan juga pembelian produk yang Anda tawarkan.

  • Memastikan Standar Produk

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan ekspansi bisnis dengan memasuki marketplace luar negeri, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah bagaimana menjaga standar mutu produk yang Anda jual. Produk Anda haruslah sesuai standar, dengan mengantongi izin industri sehingga nantinya dapat mempermudah Anda untuk mencari konsumen.

  • Menjaga Ketersediaan Produk

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menjaga ketersediaan produk yang Anda jual secara konsisten. Apakah Anda siap untuk memenuhi permintaan pasar internasional? Apakah Anda siap untuk menerima pesanan suatu waktu?

Anda perlu mempertimbangkan bagaimana bisnis Anda agar dapat selalu menjaga ketersediaan produk, bagaimana Anda melakukan manajemen stok barang agar produk selalu baru sehingga produk tidak menumpuk, dan lain-lain.

 

Apa Saja Situs Marketplace Internasional Terbaik?

Terdapat banyak situs marketplace internasional yang bisa Anda pilih sebagai platform untuk mengembangkan bisnis Anda, diantaranya:

  1. eBay
  2. Amazon
  3. Etsy
  4. AliExpress
  5. Shopify
  6. Volusion
  7. Zibbet
  8. Selz
  9. dan masih banyak lagi

 

Itulah tips memasuki marketplace internasional yang bisa Anda lakukan agar nantinya dapat berhasil melebarkan sayap bisnis di luar negeri. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi para pelaku bisnis khususnya yang baru saja merintis usaha.

Source https://vaz.biz.id