Bisakah Balik Nama Motor Tanpa KTP Pemilik Pertama?

Ketika kita sedang membeli motor bekas, maka salah satu hal yang pertama harus kita lakukan adalah dengan mengganti nama pada surat-surat tersebut dan diganti dengan nama anda selaku pemilik. Jika anda telah melakukan pembelian, jangan lupa untuk segera menggantinya karena jika tidak anda akan mendapatkan sanksi tilang dari pihak kepolisian.

Balik nama artinya mengganti nama dari pemilik pertama kendaraan bermotor menjadi nama pembeli motor. Adapun surat-surat yang namanya diganti adalah surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan juga buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB).

Namun masalahnya seringkali kita lupa untuk meminta KTP pemilik pertama kendaraan dan nomornya tidak dapat dihubungi lalu, apakah bisa balik nama tanpa pemilik nama kendaraan?

 

Singkatnya, tidak.

 

KTP bertujuan untuk membuktikan pemilik asli kendaraan. Absennya KTP menjadikan dokumen tidak lengkap dan prosedur balik nama tidak bisa dilakukan. Jadi sebisa mungkin mendapatkan KTP pemilik pertama agar nantinnya tidak ada masalah besar yang terjadi dibelakang.

Lalu bagaimana sebetulnya alur balik nama motor itu?

Alur Balik Nama Motor

Yang perlu diubah namanya adalah nama yang tertera pada STNK dan juga BPKB. Tempat maupun cara pengurusannya berbeda satu sama lain jadi jangan sampai salah.

 

Balik Nama Motor pada STNK

Untuk mengurus balik nama motor pada STNK yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Datang ke SAMSAT

SAMSAT merupakan singkatan dari sistem manunggal satu atap khusus untuk mereka yang hendak mengurus surat kendaraan dan lainnya. Yang perlu anda siapkan adalah KTP asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi dan juga BPKB fotokopi. Jangan lupa untuk menyatukan ketiganya dan steples.

2. Lakukan tes fisik

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah tes fisik kendaraan. Nantinya setelah melakukan tes fisik kendaraan maka anda akan mendapatkan nomor rangka dan juga nomor mesin kendaraan kemudian membayar sejumlah biaya pada petugas disana. Setelah itu anda akan mendapatkan kuitansi yang harus anda fotokopi untuk keperluan selanjutnya.

3. Pendaftaran balik nama

Serahkanlah berkas yang telah anda siapkan kepada petugas untuk diperiksa dan setelah itu anda diberikan formulir yang harus anda isi. Nanti petugas akan memberikan BPKB asli dan juga KTP asli dan prosesnya selesai. Anda harus kembali untuk mengambil STNK anda.

4. Pengambilan notice dan pembayaran pajak

Sekembalinya anda ke kantor SAMSAT anda harus membawa BPKB asli yang harus diberikan ke loket. Berikan juga dokumen yang diminta oleh petugas untuk dikumpulkan dalam satu arsip. Setelah itu anda harus membayar pajak dan menunggu untuk mengambil STNK yang sudah menjadi atas nama anda sebagai pemilik yang sah.

 

Balik Nama BPKB

Balik nama BPKB agak berbeda caranya, berikut ini cara balik nama BPKB:

  1. Datang ke polda dengan membawa dokumen yang dibutuhkan.
  2. Bayar di loket bank
  3. isi formulir pendaftaran BBN BPKB
  4. Menyerahkan formulir dan juga berkas persyaratan.
  5. Mengambil BPKB

Dalam menjalani semua proses dan prosedur kadang tidak mudah, sulit bahkan dipersulit oleh petugasnya sendiri. Jadi anda harus senantiasa sabar dan santai saja dengan segala lika liku yang harus anda jalani. Hitung-hitung ini menjadi pengalaman anda yang berharga nantinya. Jangan menyela antrian dan tetap tertib karena banyak orang yang juga memiliki kepentingan seperti anda.

 

Referensi : PakarDokumen.com