Cara Edit Video Agar Tak Kena Hak Cipta

Cara Edit Video Agar Tak Kena Hak Cipta

Semakin canggihnya dunia digital, banyak orang yang ingin menampilkan sesuatunya dengan hal yang menarik. Banyak dari kalian pastinya juga ingin menyalurkan kreativitas yang sudah mengendap lama itu.

Akan tetapi, semakin canggihnya teknologi, kalian juga harus hati-hati dan waspada, kan sayang kalau kalian sudah capek-capek edit video ternyata pas dibagikan ke akun sosial media, malah kena hak cipta.

Tips Menghindari Pelanggaran Hak Cipta

Cara Edit Video Agar Tak Kena Hak Cipta

Nah, untuk menghindari agar kalian bisa menyalurkan kreativitas melalui video-video yang akan dibagikan di sosial media, berikut ini kami bagikan cara mengedit video yang tidak kena pelanggaran hak cipta. Simak, ya!

1. Buat video dari rekaman sendiri semenarik mungkin

Hal ini bisa membantu kalian agar terhindar dari hak cipta, karena video yang kalian buat merupakan asli dari hasil rekaman sendiri. Apabila kalian terpaksa ingin menggunakan video dari orang lain, kalian bisa memilih membuat video kompilasi. Hal yang harus diperhatikan ketika kalian menggunakan video kompilasi, kalian harus menyertakan juga sumber yang video sebagai post credit.

Lebih Lengkap Pilihan Aplikasi Editing Video di Laptop, Kunjungi Blog Ini

2. Edit menggunakan aplikasi yang kalian kuasai

Tentunya, kalian harus mengedit video menjadi menarik. Hal yang harus kalian perhatikan, yaitu ubah resolusi video dan tambahkan efek baru. Misalnya, video aslinya 720p, kalian bisa mengubah menjadi 370p. Ketika resolusi video tersebut berubah, hasil yang didapatkan juga akan berubah. Jadi video yang kalian buat tidak sama persis. Selain mengubah resolusi, kalian juga harus menambahkan efek baru, seperti menambahkan frame atau pencahayaan.

3. Gunakan musik yang bebas hak cipta atau buat sendiri.

Jika ingin memasukan lagu atau musik, kalian harus menggunakan musik yang bebas hak cipta. Pilih audio atau musik yang menarik agar penonton tertarik melihat video kalian.

4. Tambahkan intro dan outro pada video.

Cara menambahkan intro dan outro, kalian bisa menggunakan software dan template audio yang tersedia, bisa juga kalian dapatkan di googleplay.

5. Setelah mengedit, unggah di akun sosial media kalian.

 

Nah, setelah kalian unggah di akun sosial media, mungkin kalian percaya bahwa editing kalian sudah menarik dan tentu sudah bebas dari hak cipta, bukan?

Tetapi namanya juga manusia, terkadang sudah waspada dan hati-hati. Entah, karena faktor apa, ketika sudah selalu di unggah di sosial media, kalian baru sadar, musik yang kalian gunakan dalam video berhak cipta. Dan tentu, hal itu bisa membuat kalian panik, bukan?

Bila itu terjadi, simak tips jika video masih melanggar hak cipta berikut ini.

1. Edit ulang video

Tentu, kalian harus mengedit ulang video yang telah kalian unggah di sosial media. Caranya dengan klik pada menu edit kemudian masukkan musik yang telah kalian siapkan tentu yang bebas hak cipta ya. Setelah itu, klik simpan lagi.

2. Durasi bisa menyesuaikan dengan keinginan kalian.

3. Siapkan thumbnail yang menarik dan sesuai dengan kalian.

4. Setelah itu, kalian bisa mengunggah kembali video yang telah selesai di edit.

Beberapa cara tersebut dapat membantu kalian agar terhindar dari klaim hak cipta. Kalian harus jeli dan waspada ketika akan memilih musik untuk video kalian yang akan diunggah di akun sosial media. Memang, musik merupakan satu hal penting dalam video sebagai pendukung dan pemanis video.

Nah, bagaimana? Tertarik bukan membuat video yang menarik? Sekali lagi, ketika kalian mengedit video, kalian harus waspada dan jeli dalam memilih video atau musik yang akan kalian. Semoga artikel ini dapat membantu kalian agar terhindar dari hak cipta. Kalian boleh membagikan artikel ini kepada rekan-rekan kalian agar bisa lebih bermanfaat lagi.