ilustrasi cek pkb jawa barat dengan aplikasi e-samsat bapenda jawa barat

Cek Pajak Mobil Tahunan & 5 Tahunan Jawa Barat di Website Bapenda Jabar

Pajak merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan ketika akan membeli barang. Seperti kendaraan bermotor yang membutuhkan untuk membayar pajak agar kendaraan tersebut dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya dan tidak menyalahi aturan. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sendiri merupakan jenis pajak atas kepemilikan dan pengusaha kendaraan bermotor. Ketentuan mengenai pajak ini diatur dalam UUD Nomor 28 Tahun 2009.

Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa besaran tarif pajak kendaraan paling rendah 1 persen dan paling tinggi 2 persen untuk kepemilikan kendaraan pertama. Sedangkan untuk kendaraan kedua dan seterusnya akan dikenakan pajak paling rendah 2 dan paling tinggi hingga 10 persen.

Apabila mempunyai kendaraan dan ingin digunakan secara aman, Anda perlu untuk membayar pajak sesuai dengan ketentuan. Dimana di dalam aturannya pajak akan dibayarkan setiap tahun mulai dari terbitnya lembaran PKB dan STNK. Selain itu ada juga SWDKLLJ yang merupakan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang diserahkan ke Jasa Raharja. Bagi yang tidak membayar pajak akan dikenakan sanksi yaitu 25 persen perbulannya. Sehingga ketika telat atau tidak membayar PKB akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan.

Bagi Anda yang ingin membayar pajak kendaraan mobil juga perlu untuk memperhatikan hal. Seperti bagi Anda yang akan mengecek pajak mobil tahunan ataupun 5 tahunan. Dimana bagi yang akan membayar pajak mobil pertama kali bisa untuk menggunakan rumus yang mudah yaitu BBN KB + PKB + SWDKLLJ + administrasi TNKB + administrasi STNK. Dimana untuk keterangan dari hal tersebut adalah :

  1. BBN KB adalah bea balik nama kendaraan bermotor yaitu 10 persen dari harga jual mobil
  2. PKB nilainya 2 persen dari nilai jual mobil
  3. SWDKLLJ tarifnya 143 ribu rupiah
  4. Biaya administrasi TNKB adalah 100 ribu
  5. Bea administrasi STNK adalah 50 ribu+200 ribu

Setelah membayar pajak pertama kali, Anda perlu untuk membayar pajak mobil tahunan yang akan lebih mudah. Dimana cara perhitungannya adalah PKB + SWDKLLJ + Biaya Administrasi. Cara perhitungan tersebut juga tidak berbeda dengan rumus sebelumnya. Akan tetapi karena harga mobil mengalami penurunan, hal tersebut juga akan membuat pajak mobil yang sudah tua seperti yang sudah lewat 5 tahun akan berbeda. Akan tetapi untuk besaran SWDKLLJ dan biaya administrasi STNK masih sama yaitu 143 ribu dan 50 ribu rupiah.

Setiap lima tahun sekali, kendaraan juga untuk mengganti plat. Pemilik mobil perlu untuk melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan yang harus dilakukan di kantor Samsat Induk di setiap daerah. Perpanjangan lima tahunan ini tidak bisa dilakukan seperti pembayaran pajak tahunan. Untuk besaran pajak lima tahunan adalah PKB + SWDKLLJ + biaya pengesahan STNK + Biaya administrasi TNKB + Biaya penerbitan untuk STNK + Biaya lainnya.

Apa itu E-Samsat Jabar?

E-Samsat Jabar merupakan platform yang dikembangkan oleh Samsat Jawa Barat untuk memudahkan pemilik kendaraan bermotor R2/R4 khususnya di Jawa Barat, mengecek dan melakukan pembayaran melalui ATM dan kanal pembayaran rekanan yang bekerjasama dengan Bapenda Jabar (ex Tokopedia)

 

Bagaimana Cara Cek Pajaknya di Handphone?

1. Buka URLs di browser : https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/. Input nopol kendaraan anda (R2/R4) di kolom yang tersedia. Jangan pula pilih warna TNKB (nomor plat) dan jangan lupa isi Captcha dan tap tombol Cari.

 

ilustrasi cek pkb jawa barat dengan aplikasi e-samsat bapenda jawa barat

2. Jika data nopol terdaftar di database Samsat Jawa Barat, hasil akan terlihat di layar handphone anda. Akan terlihat semua info terkait PKB pokok, PKB denda, SWDKLLJ Pokok, SWDKLLJ Denda, PNBP STNK, PNBP TNKB dan total biaya yang perlu anda bayar.

tangkapan layar E-samsat Jawa Barat milik Bapenda Jawa Barat

3. Untuk pembayaran PKB, anda dapat menggunakan aplikasi Tokopedia (seperti yang penulis gunakan saat ini). Yang perlu anda lakukan hanya mendapatkan kode bayar  di aplikasi SAMBARA. 

 

Untuk format SMS :

esamsat[spasi]no rangka[spasi]NIK

kirim ke : 0811-211–9211

 

Jika sudah, input kode bayar di kolom kode bayar aplikasi Tokopedia.

 

ilustrasi pembayaran pkb di aplikasi Tokopedia Samsat

Jika pembayaran di Tokopedia berhasil, anda akan mendapatkan bukti bayar yang dapat anda lihat di Daftar Transaksi Top-up & Tagihan

 

daftar transaksi top up dan tagihan di aplikasi Tokopedia

 

tangkapan layar detail pesanan yang berhasil di aplikasi Tokopedia

 

Informasi dari penulis:

Jangan lupa untuk screenshot halaman Detail Pesanan dan saat datang ke Samsat di area Jawa Barat terdekat, anda bisa print dan fotokopi :

1. Bukti bayar (yang sudah anda screenshot di aplikasi Tokopedia

2. Fotokopi BPKB, STNK, KTP sesuai yang terdaftar di BPKB (jika unit kendaraan R2/R4 masih kredit, minta surat pernyataan ke leasing untuk BPKB). Biasanya di Samsat terdekat, terdapat tukang fotokopi dan harganya pun terjangkau, tidak sampai 10rb)

3. Serahkan di loket khusus pembayaran online (berdasarkan pengalaman mengurus di Samsat Mall Pondok Gede, antri pun tidak sebanyak pembayaran non online)

4. Tidak sampai 20 menit, STNK anda sudah berganti dengan tahun pajak yang baru.

 

Selamat mencoba.

 

Sumber : Cartalog ID