Daftar Tips yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Hp Bekas

Mau beli smartphone bekas karena lebih murah? Hal tersebut sering dipertimbangkan oleh banyak orang karena memiliki budget yang terbatas. Namun tidak sedikit yang terkena tipu oleh penjual-penjual nakal online.

Membeli Smartphone second memang penuh resiko karena kita tidak pernah tahu seburuk apa kualitasnya. Karena itu ada baiknya sebelum melakukan transaksi dengan penjual smartphone bekas lebih baik cek kualitas serta ulasan hp tersebut di website terpercaya. Nah berikut adalah daftar tips yang harus diperhatikan saat membeli hp bekas:

 

1. Belilah Smartphone Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu

Banyak orang yang melakukan kesalahan saat melakukan pembelian smartphone yang tidak sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu contoh yang paling banyak adalah ketika orang tersebut membeli hp bekas 1 juta yang digunakan untuk melakukan aktifitas gaming. Tentu saja hal tersebut mustahil karena kebanyakan smartphone dengan harga 1 juta tidak dapat melakukan aktifitas gaming. Maka riset terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian dan minimal pilihlah entry level smartphone seperti vivo y12.

 

2. Uji Kelayakan Smartphone Tersebut

Saat bertemu dengan penjual hal yang paling penting sebelum melakukan transaksi adalah uji kelayakan smartphone bekas tersebut mulai dari layar, baterai, serta software yang terpasang. Hal tersebut penting karena kasus penipuan seperti hp yang dijual iPhone namun ternyata setelah di test OS yang terpasang adalah Android.

3. Cari Informasi Penjual Melalui Sosial Media

Di zaman modern ini pasti semua orang sudah ada reputasi di Sosial media baik itu Facebook, Twitter ataupun Instagram. Disini kamu bisa minta terlebih dahulu akun sosial media yang terdaftar dan periksalah reputasi orang tersebut. Jika penjual tersebut memberikan akun sosial media yang palsu atau tidak jelas maka lebih baik jangan pernah bertransaksi dengan orang tersebut.

 

4. Siapkan Perlengkapan Untuk Periksa Smartphone Bekas

Belilah terlebih dahulu perlengkapan untuk memeriksa kesehatan hp bekas. Perlengkapan yang dimaksud bisa seperti earphone, kartu SIM, Charger Hp, perangkat yang bisa terhubung dengan koneksi Bluetooth serta kartu garansi hp tersebut.