Dekorator Interior adalah

Dekorator Interior. Ruang Lingkup, Tujuan dan Perbedaannya

Dekorator interior adalah orang yang bidang kerjanya berkaitan dengan furnitur, bentuk, dan warna, yang sudah berwujud di dalam ruangan. Dengan demikian, tidak terlibat dalam proses perencanaan desainnya.

Seringkali orang tidak bisa membedakan antara dekorator dan desainer sebuah interior. Oleh karena itu, berikut akan dikupas perbedaan di antara keduanya dari berbagai sudut pandang, untuk memperjelas pemahaman Anda.

Bicara soal dekorator dan desainer interior, pada artikel lainnya kita sudah menjelaskan dengan pengertian desain interior, nah itu semua yang dilakukan oleh desainer interior. Sedangkan dekorator interior itu apa? simak dan baca artikel ini sampai habis.

Dekorator Interior adalah

Pengertian Dekorator Interior Adalah

Pengertian dekorator interior yaitu orang yang ahli dalam mendekorasi berbagai elemen arsitektur yang sudah tersedia agar meningkatkan nilai estetika pada ruangan.

Makna yang terkandung adalah orang yang bekerja sebagai dekorator tidak selalu menjadi desainer. Namun, seorang desainer pasti juga merupakan dekorator.  

Ruang Lingkup

Seorang dekorator berfungsi mengubah ruangan agar terlihat berkarakter menyesuaikan gaya yang diinginkan klien. Oleh karena itu, harus memiliki bekal kreativitas yang tinggi agar hasil karyanya menarik dan menampilkan gaya khas yang artistik, elegan, dan selaras dengan gaya desainnya.

Tujuan dan Fungsi

  1. Memperindah penampilan ruangan.
  2. Memilih furnitur berdasarkan bentuk atau warna yang sesuai dengan kondisi ruangan, agar nilai artistik dan estetikanya meningkat.
  3. Melengkapi ruangan dengan berbagai aksesoris yang mendukung gaya sesuai keinginan pemiliknya.  

Perbedaan Desainer Interior dan Dekorator Interior

1. Background Pendidikan

Desainer interior adalah orang yang mempunyai latar belakang pendidikan sangat panjang. Hal ini memiliki arti bahwa untuk menjadi desainer harus menempuh pendidikan khusus.

Di dalamnya mempelajari struktur, perencanaan ruang, gambar, dan warna yang bisa juga dikemas dalam bentuk pdf. Ilmu tersebut dijadikan sebagai landasan dalam bekerja. Misalnya merancang sekaligus merenovasi sebuah interior ruangan. 

Seorang dekorator interior belajar secara mandiri atau otodidak dan tidak melalui pelatihan secara formal. Fokus utama dekorasi interior adalah membuat tampilan ruangan agar lebih estetik. Prinsip kerjanya mengandalkan insting dan kepekaan terhadap ruangan serta warna.  

2. Bidang Pekerjaan

Desainer interior banyak bekerja sama dengan ahli lain seperti kontraktor dan arsitek dalam merancang dan menentukan furnitur, warna, maupun dekorasi rumah yang tepat. Sedangkan, dekorator interior sering bekerja dengan produsen furnitur atau profesi yang serupa.

Dekorator maupun desain interior keduanya sama-sama bekerja pada bidang yang sama, namun ruang lingkup pekerjaannya jelas berbeda. Semua orang bisa dengan mudah menjadi dekorator interior asalkan mau belajar dengan baik.

Dalam proses mendesain atau mendekorasi sebuah ruangan interior salah satu aspeknya adalah tentu saja kombinasi warna cat rumah yang pas, selain instrumen penunjang lain seperti furniture dan lainnya.