Hal Tak Terduga yang Ternyata dapat Menimbulkan Jerawat

Jerawat memang menjadi momok yang menyebalkan bagi kalangan anak muda. Namun tahukah kamu ternyata beberapa hal yang kelihatannya sepele yang biasa kita kerjakan ternyata dapat menyebabkan timbulnya jerawat loh.

Apa saja itu? Berikut beberapa diantaranya:

1. Menyentuh wajah

Menyentuh wajah ternyata bisa menyebabkan timbulnya jerawat loh. Hal ini karena tangan kita yang sudah terkontaminasi dengan bakteri, debu, dan keringat dapat menghambat pori-pori di dalam kulit dan ini menyebabkan timbulnya jerawat.

Jadi jika hendak menyapu wajah, gunakanlah tisu, hindari menyentuh kulit wajah dengan tangan secara langsung.

2. Membersihkan wajah secara berlebihan

Membersihkan wajah tentunya diharapkan agar wajah menjadi bersih dan jerawat hilang. Namun membersihkan jerawat secara berlebihan justru berdampak sebaliknya!

Alih-alih membersihkan wajah dengan intensitas yang tinggi dengan harapan dapat menghilangkan jerawat, yang terjadi bisa malah sebaliknya.

Membersihkan wajah secara berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu, minyak alami kulit akan hilang, ini akan memicu jaringan kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak dan hasilnya, wajah menjadi berminyak.

Oleh sebab itu, sebaiknya bersihkan lah wajah sewajarnya, jangan sampai wajah yang diharapkan menjadi bersih dari jerawat justru sebaliknya.

3. Tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Makanan merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam terbentuknya jerawat. Ini terjadi karena beberapa jenis makanan dapat merangsang kulit untuk memproduksi minyak secara berlebih dan sebagian makanan mempengaruhi hormon yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Hindarilah makanan yang berminyak seperti gorengan, makanan cepat saji seperti mie instan, dan makanan yang dapat menyebabkan alergi.

Sebagai gantinya, makanlah makanan yang mengandung serat, vitamin, dan mineral yang tinggi karena kandungan ini sangat baik untuk mempercepat regenerasi kulit. Makanan yang dianjurkan diantaranya buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C seperti jambu biji, jeruk, alpukat, dan lain sebagainya.

4. Penggunaan Make Up dan Obat Jerawat

Penggunaan make up secara berlebihan dan memilih produk sembarangan, akan memicu timbulnya jerawat,  karena pori-pori di wajah akan mengalami penyumbatan, sehingga kelenjar minyak yang seharusnya keluar melalui pori-pori akan mengendap dan akhirnya menjadi jerawat.

Selain make up, biasanya juga penggunaan obat jerawat yang salah, atau bisa juga menggunakan produk palsu, bukan jerawat yang hilang, tapi malah tumbuh subur. Pilihlah obat jerawat paling ampuh dan original, perhatikan juga review dari pengguna produk tersebut.

Kesimpulan

Jika kamu mengalami jerawat yang tidak kunjung sembuh, cobalah untuk melihat kembali kebiasaan-kebiasaan kamu barangkali kebiasaan kamulah yang ternyata yang menyebabkan timbulnya jerawat yang menyebalkan itu.

Jika memang demikian, rubahlah kebiasaan itu sekarang juga.