Inilah 5 Manfaat Silahturahmi Yang Wajib Diketahui

Menjalin hubungan baik antara sesama merupakan hal yang harus dilakukan sebagai tanda ketakwaan seorang kepada Tuhannya. Bahkan, Allah telah menjanjikan keberkahan bagi siapapun yang selalu menjaga silaturahmi antar sesama. Keberkahan Allah bukan hanya hal rezeki saja, tapi keberkahan itu dalam hal usia dan hubungan baik.

Menjalin silaturahmi bukan hanya dilakukan pada saat lebaran saja. Melakukan silaturahmi diluar lebaran juga berkahnya tetap luar biasa.

Menjalin silaturahmi adalah salah satu cara untuk mewujudkan ukhuwah islamiyah dan juga dapat dilakukan dengan cara mengunjungi keluarga dan saudara. Hikmah Silaturahmi, Selain membuat orang lain yang kita kunjungi merasa senang, silaturahmi memiliki banyak keutamaan lainnya. Inilah beberapa keutamaan silaturahmi.

1. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Menyambung tali silaturahmi merupakan salah satu bentuk ketaatan dan kecintaannya kepada Allah SWT. Dibuktikan pada sabda Rasulullah: “Allah ‘azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” (Hadis Riwayat Ahmad).

Hadist tersebut mengajarkan kita untuk menjalin hubungan baik antara sesama. Allah SWT pun menjanjikan pahala bagi siapapun yang menjaga tali silaturahmi dan Allah SWT juga tidak segan bagi siapapun yang memutuskan tali silaturahmi.

Silaturahmi sebagai tanda keimanannya kepada Allah SWT diungkapkan melalui sabda Rasulullah: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (Hadis Riwayat Abu Hurairah)

2. Didekatkan dengan Surga dan dijauhkan dari neraka

Untuk seseorang yang mampu menyambung tali silaturahmi balasannya adalah didekatkan dengan Surga dan dijauhkan dari neraka diungkapkan melalui hadist: "Engkau menyembah Allah swt dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi” (HR Bukhari dan Muslim)

Dan hadist dalam satu riwayat: "Jika dia berpegang dengan apa yang Kuperintahkan kepadanya niscaya ia masuk surga.”

3. Memperluas Rezeki Seseorang

Dengan silaturahmi kita dapat melihat situasi dan kondisi keluarga atau kerabat, dengan begitu saat terjadi masalah kita dapat membantunya , bahkan suatu saat dari mereka akan membutuhkan bantuan kita. 

Allah SWT. pun menjanjikan pahala dan kemudahan bagi siapapun yang mampu memperpanjang tali silaturahmi dan memudahkan urusan saudaranya. Janji Allah SWT tersebut tertuang dalam sabda r yang diriwayatkan Abu Hurairah: “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya  dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

Setiap muslim yang membantu urusan keluarga atau kerabat tidak hanya mendapatkan pahala sedekah saja. Tetapi Allah SWT akan melimpahkan pahala silaturahmi kepadanya. Bersedekah kepada anggota keluarga juga harus diutamakan. Telah diungkapkan dalam sabda Rasulullah: “Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (Hadis Riwayat Tirmidzi).

4. Dicintai Keluarga

Dengan silaturahmi kita dapat menjalin hubungan baik antara banyak orang dan menambah hubungan yang dulunya tidak kenal, namun dengan silaturahmi dapat kenal.

Apalagi saat hari raya tiba, tradisi mudik di Indonesia memberi kesempatan besar untuk bersilahturahmi dengan mengunjungi kampung halaman dan bertemu dengan keluarga.

Biasanya selain mengunjungi keluarga, kita juga menikmati libur hari raya dengan berwisata dengan keluarga tercinta demi menambah kedekatan antar masing-masing keluarga.

Tidak hanya itu, seorang yang sering-sering melakukan silaturahmi, akan dicintai keluarga atau kerabat.

Hal tersebut terkandung dalam Hadis yang diriwayatkan Bukhari. "Siapa saja yang bertakwa kepada Tuhannya dan menyambung tali Silaturahmi, maka akan dipanjangkan usianya, diperbanyak hartanya, serta dicintai keluarganya," (Riwayat Bukhari).

5. Kembali Terhubung dengan Allah SWT

Dengan silaturahmi kita dapat menyambung kembali hubungan dengan Allah SWT. Sebagaimana diungkapkan riwayat dari Abu Hurairah ia berkata sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan. Dia berfirman: “Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu”