Jangan Sampai Meremehkan Tukang Service AC

Tukang service AC seringkali dipandang sebelah mata oleh kita karena kita biasanya cenderung mengapresiasi atau memandang tinggi berdasarkan pendapatan dan jabatan sehingga service AC jarang dilihat sebagai sebuah pekerjaan yang bernilai.

Ippho Santosa pernah mengatakan bahwa di kampus mahasiswa dinilai dari IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif, namun di masyarakat seseorang dinilai dari IPK atau indeks pendapatan kumulatif.

Padahal menurut saya seseorang seharusnya dinilai dari kontribusi yang ia berikan kepada orang lain bukan dari uang yang bisa didapatkan.

Contoh paling kontras bisa dilihat dari apa yang dilakukan antara Steve Bullmer dan Linus. Steve Bullmer adalah CEO Microsoft setelah Bill Gates berhenti menahkodai Microsoft. Di bawah kepemimpinannya Microsoft hanya berorientasi pada uang sehingga sangat dibenci oleh orang-orang. Microsoft menggunakan Microsoft Office sebagai “tambang uang” bagi Microsoft. Ia mengancam orang dengan menggunakan hukum untuk menindak orang yang membajak Microsoft.

Saat ia turun dari jabatannya sebagai CEO, saham Microsoft naik karena disambut baik oleh para investor. Di bawah CEO selanjutnya, Satya Nadella Microsoft meluncurkan Windows 10 versi Gratis, sesuatu yang tidak pernah ada pada zaman sebelumnya.

Kemudian Linus meluncurkan Linux sebuah OS secara gratis yang sekarang menjadi OS yang menopang internet di seluruh dunia. Dan juga menjadi sistem operasi penghitungan surat suara di Indonesia ketika pemilu karena sangat aman dari peretasan.

Sesuatu yang berlandaskan keikhlasan akan jauh lebih baik dari pada niat untuk mengeruk kekayaan.

Kaitannya dengan jangan meremehkan tukang service AC adalah, seringkali kita memandang tukang service AC tidak memiliki pendapatan yang tinggi seperti para bos di kantor tempat klien mereka.

Namun coba lihat kontribusi yang bisa diberikan. Misalnya saya saat ini tinggal di Tangerang atau bagi mereka yang tinggal di Bintaro, saya merasa bahwa jika seandainya AC tidak hidup di kantor atau di kampus dan rumah sakit, nantinya ruangan akan menjadi panas dan menjadikan suasana ruangan menjadi kurang kondusif. Jadi jangan remehkan pekerjaan apapun termasuk jasa service AC Bintaro.