sticker

Jenis Jenis Kertas untuk Stiker

Kertas stiker itu punya banyak ragam jenisnya. Mungkin yang kamu tau hanya satu kertas stiker, saat beli di toko alat tulis, penjual akan menanyakan, jenis kertas stiker apa yang kamu butuhkan ?

Stiker umumnya digunakan sebagai media promosi produk atau layanan tertentu. Promosi ini tidak mesti untuk jualan ya sob.. promosi yang dimaksud disini promosi secara umum, bisa komersil bisa juga bersifat sosial.

 

stickerimage source : pixabay

Biar kamu paham, perhatikan beberapa jenis kertas stiker berikut ini :

Kertas Vinyl

Kertas stiker ini paling umum digunakan masyarakat. Cocok untuk stiker luar ruangan (outdoor). Seperti namanya vinyl, kertas ini memang terbuat dari bahan Vinyl yang memiliki kelenturan cukup baik.

Jika ingin membuat stiker, kamu harus coba kertas yang satu ini dulu. Berikut beberapa keunggulan kertas vinyl :

  • Kertas vinyl tidak mudah luntur
  • Simpel dan mudah dibersihkan
  • Cocok untuk stiker luar
  • Kertas stiker vinyl cocok dipasang di kaca kendaraan

Kertas Sticker HVS

Yang ini stiker kertas HVS ya.. bukan kertas HVS yang biasa buat fotocopy atau ngeprint itu. Memang ada sendiri yang khusus untuk stiker. Kertas stiker ini dilapisi adhesif di bagian belakangnya sehingga bisa ditempelkan.

Dibandingkan dengan kertas vinyl, kertas stiker HVS ini produksinya lebih murah dan terjangkau. Coba saja kamu beli 2 jenis kertas ini dan bandingkan biayanya.

 

Baca juga : ukuran kertas A4 dalam pixel

Untuk pemakaian jangka panjang, kertas ini tidak terlalu direkomendasikan karena lebih mudah memudar dibandingkan kertas vinyl.

Kertas Oracal

Jenis kertas stiker yang cukup baik dan tangguh dibanding keras vinyl adalah kertas stiker oracal. Pernah liat stiker yang ditempel pada kendaraan bermotor atau pada helm ? Yups.. stiker pada kendaraan atau helm bisa menggunakan kertas oracal.

Kertas Kromo atau Chromo

Pernahkah kamu dapat souvenir berupa stiker dari sebuah perusahaan ? Mungkin pas beli sesuatu atau menghadiri suatu acara seminar. Biasanya perusahaan membagikan stiker logo atau merek. Nah.. kertas stiker yang digunakan biasanya kertas Kromo atau Chromo.

Kertas Sticker One Way

Kertas ini terbuat dari bahan khusus dengan ciri tekstur berlubang dan bisa dilihat secara terang dari satu sisi. Kertas sticker one way biasa digunakan untuk kaca kendaraan mobil.

Selain dipasang pada kendaraan, kertas stiker ini juga bisa digunakan pada gedung-gedung perkantoran yang memiliki kaca lebar.

Kertas stiker mana yang terbaik ?

Semuanya terbaik.. hanya saja kamu harus memilih berdasarkan kebutuhan dan biayanya. Tiap wilayah punya perbedaan harga meskipun tidak terlalu signifikan.. coba saja cek di toko ATK tempat kamu tinggal, berapa harga kertas stiker jenis-jenis di atas.

Tips terbaik jika kamu ingin membuat stiker :

  1. Cari bahan stiker yang memiliki ketahanan paling kuat. Biar gak gampang rusak atau ngelupas sendiri. Gak diapa-apain kok bisa lepas sendiri kan lucu.. jadi cari bahan yang paling kuat rekatannya. Memang harganya lebih mahal tapi akan sebanding dengan kualitasnya.
  2. Untuk kamu yang anggarannya terbatas, bisa gunakan kertas stiker cromo atau kertas stiker hvs yang anggarannya lebih terjangkau.
  3. Perhatikan dimana kamu akan menggunakan stiker tersebut. Didalam ruangan atau diluar ruangan. Untuk diluar ruang, cari bahan stiker yang lebih kuat bahan dan daya rekatnya juga cari yang tidak mudah luntur.

Demikian informasi tentang jenis jenis kertas untuk buat stiker. Semoga bermanfaat dan temukan artikel menarik lainnya hanya di situs pediansa ya..