Jurusan Kuliah Paling Populer di Indonesia

Jurusan kuliah sering menjadi topik utama dalam pikiran beberapa lulusan SMA sebelum melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Banyak yang merencanakan dengan matang, tetapi tidak sedikit pula yang justru coba-coba aja. Bagi mereka kaum coba-coba, biasanya akan timbul keluhan “duh aku salah pilih jurusan nih” setelah masuk ke jurusan tersebut.

Nah supaya nggak salah langkah, kamu wajib merencanakan dengan matang jurusan yang kamu masuki. Mengingat kamu harus berkomitmen penuh selama beberapa tahun serta akan menjadi bekal kamu dalam berkarier.

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih jurusan tetapi jika ingin melihat pembahasan mengenai jurusan kamu bisa membuka https://tambahpinter.com/, berikut tipsnya:

  1. Pahami passion dan minat kamu
  2. Ketahui nilai dan kemampuanmu
  3. Lakukan riset secara mendalam ke beberapa pilihan jurusan
  4. Pertimbangkan biaya kuliah serta masa studi
  5. Jangan lupa konsultasikan dengan orang-orang yang sudah berpengalaman

Jurusan Kuliah Paling Populer tahun 2020

Kalau sudah paham tips memilih jurusan, yuk intip juga 5 jurusan kuliah paling populer di tahun 2020. Data ini dihimpun dari platform Rencanamu.id pada Februari 2020 yang melibatkan berbagai universitas di Indonesia.

1. Ilmu Kedokteran

Jurusan ilmu kedokteran masih menjadi favorit yang pertama. Di beberapa universitas Ilmu Kedokteran sering disebut juga dengan Pendidikan Dokter. Daya tampung dari tiap universitas berbeda, namun rata-rata hanya 30-60 kuota diterima.

Jurusan ini memiliki masa studi yang cukup lama yaitu 5-5,5 tahun untuk umum, sedangkan spesialis bisa mencapai 6 tahun. Biaya yang dikeluarkan pun sangat banyak.

Setelah mendapatkan gelar dan punya ijin praktik, kamu bisa bekerja di rumah sakit ataupun mendirikan klinik sendiri.

2. Farmasi

Farmasi menempati urutan kedua menjadi jurusan favorit. Daya tampung jurusan ini di beberapa universitas berkisar 32 sampai 60. Sebagian universitas di Indonesia mengubah jurusan farmasi menjadi Pendidikan Apoteker.

Farmasi menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin berkecimpung di dunia medis, tetapi enggan menjadi dokter dan perawat. Di jurusan ini kamu akan bergelut dengan banyak senyawa kimia yang disulap menjadi obat-obatan. Masa studi selama 4 tahun dan 1 tahun untuk profesi.

3. Manajemen

Manajemen menjadi favorit pertama di bidang sosial dan hukum (soshum). Beberapa universitas di Indonesia menggabungkan jurusan ini dengan bisnis. Kuota dari masing-masing universitas juga berbeda, namun rata-rata di atas 50.

Jurusan ini mempelajari bagaimana cara mengendalikan roda perusahaan dari segi ekonomi dan bisnis. Keterlibatan manajemen di perusahaan sangat banyak, seperti kebijakan manajemen perusahaan, pemasaran dan administrasi.

4. Psikologi

Bagaimana kalau kamu tertarik mempelajari tingkah laku manusia? Jurusan Psikologi jawabannya. Jurusan kuliah ini rata-rata memiliki daya tampung 40-60 di beragam universitas. Masa studi jurusan psikologi adalah 4 tahun. Jurusan psikologi membahas tentang bagaimana tingkah laku manusia sebagai individu. Tertarik masuk ke jurusan ini?

5. Teknik Informatika

Jurusan kuliah paling populer yang kelima adalah Teknik Informatika. Daya tampung dari universitas pun beragam. Masa studi yang ditempuh adalah 4 tahun atau 8 semester.

Teknik informatika berasal dari kelompok Sains dan Teknologi (Saintek). Di jurusan ini, kamu akan belajar cara menggunakan teknologi komputer secara optimal sehingga bisa menangani masalah pengolahan data dan logika. Kamu juga akan belajar banyak bahasa pemrograman untuk merancang perangkat lunak loh!

 

Nah, Itu dia 5 jurusan paling populer di Indonesia. Semoga bermanfaat ya!