kayu meranti

Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Meranti

Kayu meranti merupakan jenis kayu yang biasanya digunakan untuk membuat berbagai furniture seperti lemari, meja makan, kursi ataupun yang lainnya. Kayu meranti sendiri saat ini lebih dikenal dengan sebutan kayu mahoni.

Untuk kayu meranti sendiri adalah kayu yang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, sehingga sangat cocok dibudidayakan. Kayu ini juga memiliki warna yang cenderung kemerahan dan kekuningan. Tetapi dengan warna tersebutlah kayu meranti ini memiliki ciri khas tersendiri.

kayu meranti

Jenis untuk kayu meranti sendiri ada 3, kayu meranti putih, merah dan kuning yang tentunya sangat berbeda dengan jenis kayu jati yang biasa kita temukan untuk membuat barang furniture.

Untuk harga jual kayu meranti sendiri terbilang sangat stabil di pasaran. Sehingga jika kamu mempunyai lahan kosong yang luas kamu bisa mencoba untuk menanam kayu meranti ini untuk dibudidayakan kemudian dijual untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Disisi lain pohon meranti ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan pastinya. Maka dari itu saya akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pohon meranti ini.

Yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan terbaik, sehingga menghasilkan pula informasi berkualitas.

Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Meranti

  1. Kelebihan kayu meranti

Untuk kelebihan kayu meranti yang pertama adalah mudah dikeringkan. Jelas berbeda dengan jenis kayu jati ataupun sungkai, kayu meranti pada umumnya bisa kering sendiri dalam waktu 60 hari.

Akan tetapi untuk mempercepat pengeringan kamu dapat menggunakan oven yang hal tersebut tidak memakan waktu yang lama. Hanya memerlukan waktu sekitar 4 hari untuk membuat kayu meranti kering dengan metode oven.

Selain itu kelebihan kayu meranti adalah, harga yang murah, tekstur cukup kuat dan memiliki kualitas cukup baik.

      2. Kekurangan kayu meranti

Sedangkan untuk kekurangan kayu meranti adalah tekstur cenderung kasar, kayu meranti sendiri memiliki tekstur yang cukup kasar pada bagian dalam batangnya, tentunya hal tersebut berbanding terbalik dengan kayu jati.

Selain itu kekurangan kayu meranti lainnya adalah tidak tahan lama, apabila kayu meranti kamu diamkan di tempat yang cuacanya berubah ubah, pasti lama kelamaan kayu meranti akan mulai rapuh atau mengalami pengeroposan.

Nah itu dia penjelasan singkat saya tentang kelebihan dan kekurangan kayu meranti. Semoga informasi yang kami buat ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu, apabila ada salah kata ataupun ketikan mohon maaf sebesar besarnya.