Khasiat Daun Pakis (Daun paku)

Pembaca yang budiman, melalui artikel ini kami akan sampaikan tentang khasiat daun paku. Daun paku ini sebutan bahasa kami di gunung, kalau orang menyebutnya ialah daun pakis.

Khasiat daun Pakis (Daun paku)

Pakis ini yang kami tahu itu ada beberapa macam. Adapun yang kami maksudkan pakis disini adalah pakis yang biasa tumbuh di daerah yang ada airnya. Pakis ini biasanya banyak tumbuh di pinggiran sungai berbatu bahkan ada juga yang tumbuh di sela-sela batu. Tumbuhan ini lebih suka dan subur biasanya tumbuh di daerah rawa.

Daun pakis

Daun pakis ini mempunyai warna hijau tua sedangkan janurnya berwarna hijau muda. Jika pelepah janur yang masih terkelungkup kita ambil dengan cara dipatahkan itu akan keluar getah berwarna bening dan licin.

Kami waktu tinggal di gunung sudah terbiasa dengan sayur daun pakis. Untuk mengolah sayur daun pakis sebenarnya sangatlah mudah, bisa ditumis atau di sayur sesuai selera. Pakis adalah tergolong tumbuhan liar dan kalau menurut kami kala itu masuk kategori rumput. Tidak menyangka kalau dalam daun pakis itu ada beberapa khasiat buat kesehatan manusia.

Khasiat daun pakis

Daun pakis menyimpan beragam khasiat untuk kesehatan tubuh terutama buat kesehatan jantung. Karena daun pakis mengandung niasin dan kalium di dalamnya. Mengkonsumsi sayur daun pakis yang masih muda secara rutin akan membantu melindungi jantung.

Selain itu jug dengan mengkonsumsi lalapan daun pakis muda bisa menurunkan kolesterol. Termasuk juga bagi antum yang punya darah tinggi dengan makan sayuran daun pakis maka bisa juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat lain dari daun pakis

Daun pakis selain dari mengandung niasin dan kalium, juga mengandung zat besi. Jadi dengan adanya kandungan zat besi ini tentu bermanfaat untuk meningkatkan sel darah merah. Namun tetap perlu juga waspada, masalahnya jika yang bersangkutan mempunyai penyakit yang bertentangan, maka tentu sayuran daun pakis kurang cocok bagi penderita penyakit tersebut. Oleh karena itu tetap harus konsultasi dengan ahlinya.

Baca juga pada : https://www.tanam.co.id/