Kisaran Modal Bertani

Masyarakat Indonesia rata-rata adalah seorang petani. Karena suburnya tanah di pulau Indonesia, terutama pulau Jawa membuat bertani menjadi salah satu pekerjaan pokok di banyak tempat. Menjadi seorang petani  tak semudah yang dibayangkan, mereka harus peka dan cepat beradaptasi dengan alam.

Kisaran Modal Bertani Untuk Seorang Pemula

Bagi Anda yang masih baru berniat untuk mencoba bertani, meraba-raba apa saja yang perlu dipersiapkan agar bisa dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan. Berikut ini adalah beberapa persiapan untuk dilakukan sebelum memulai menjadi seorang petani:

Beli Lahan

Lahan pertanian yang digunakan untuk menanam varietas tanaman persawahan seperti padi, tebu, tembakau, dan semacamnya tentu saja berbeda dengan tanah untuk varietas perkebunan. Untuk itu Anda tidak bisa menyamakan kedua hal tersebut. lakukanlah survei di beberapa tempat yang tepat.

Jika sudah memiliki maka bisa langsung membeli tanah sawah dengan total hektar sesuai budgeting, biasanya semakin subur maka akan semakin mahal pula. Namun untuk yang belum ada tabungan lebih bisa membeli dengan cara cicil saja per petak atau orang jawa sebut ‘bandungan’.

Modal Beli Bibit

Setelah mantap membeli tanah,  Anda bisa memantau kondisinya sembari mempersiapkan bibit yang akan ditanam. Ikutilah musim panen sedang berlangsung, saat padi maka tanah hanya bisa ditanam dengan padi bukan tebu atau justru tembakau.

Cari tau produsen bibit unggul dengan harga wajar. Modal beli bibit memang tidaklah murah. Setidaknya Anda akan keluar biaya sampai 1 juta lebih untuk satu petak tanah. Belum lagi biaya kompos dan perawatan, untuk itu jangan berfikir bisa bersantai setelah melakukan penanaman bibit. Pekerjaan masih akan terus berlangsung dan tidak ada habisnya.

Perdalam Ilmu dan Perbanyak Sosialisasi

Menjadi petani bukanlah hal yang mudah. Siap dalam hal finansial belum tentu akan membuat berhasil ketika tidak bisa bersosialisasi dengan baik. Seorang petani selalu peka akan tanda-tanda alam, mereka tahu akan tanda-tanda datangnya musim hujan itulah mengapa wawasan juga perlu diperluas.

Bagaimana semakin tertarik untuk menjadi seorang petani? Pekerjaan mulia, karena dengan kerja kerasnya perekonomian Indonesia terbantu serta ketersediaan bahan pangan di pasar selalu dalam keadaan segar.

Sumber: https://www.kebun.co.id/