Lakukan Ini Sebelum Sewa Jasa Pembasmi Kutu

Demi membasmi kutu busuk terkadang orang menggunakan cara yang sekiranya efektif seperti menerapkan metode alami dan kimiawi. Namun sebenarnya metode alami dapat dimaksimalkan selama jumlah koloni kutu busuk masih sedikit. Pelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengendalikan kutu dengan aman sebelum menggunakan jasa pembasmi kutu.

Coba Pencegahan Kutu Terlebih Dahulu.

  1. Simpan makanan dalam wadah plastik atau gelas tertutup. Sampah yang mengandung sisa makanan harus ditempatkan di tempat sampah yang tertutup rapat. Buang sampah secara teratur dari rumah Anda.
  2. Bersihkan genangan air di dalam rumah. Tutup rapat semua wadah air termasuk wadah air minum dan makan hewan peliharaan jika punya.
  3. Barang yang berserakkan adalah tempat bagi kutu untuk berkembang biak dan bersembunyi dapat membuatnya sulit untuk dihilangkan. Singkirkan hal-hal seperti tumpukan koran, majalah, atau kardus.
  4. Bersihkan bulu hingga kuku hewan peliharaan Anda dan jangan biarkan mereka masuk ke tempat tidur atau duduk di sofa setelah bermain dari luar.
  5. Bersihkan tumpukan koper dan tempat tidur Anda secara rutin.
  6. Bersihkan sudut-sudut rumah dari debu dan kotoran.
  7. Jangan gantung pakaian terlalu lama, segera cuci pakaian setelah digunakan.

Gunakan Insektisida dengan aman dan benar

Penggunaan insektisida tidak dapat diterapkan pada benda seperti kasur, perlengkapan tidur, atau kain linen. Untuk benda tersebut sebaiknya dilakukan pembersihan menggunakan mesin vakum. Bungkus sisa debu hasil vakum dengan plastik dan buang sisa debu tersebut di tempat sampah luar rumah. Jangan lupa untuk mencuci alat vakum dengan sabun dan air panas bersuhu minimum 48°C. Nah, sebelum menggunakan insektisida perhatikan aturan di bawah ini.

  1. Jauhkan hewan peliharaan dan anak-anak dari area dimana insektisida akan disemprotkan.
  2. Tutup semua sumber air, penampungan air, wadah makanan, termasuk air dan makanan hewan peliharaan.
  3. Beberapa insektisida umumnya hanya boleh diterapkan ke lokasi yang ditargetkan, tidak disemprotkan ke seluruh ruangan.
  4. Gunakan perangkat fogging hanya jika benar-benar diperlukan.
  5. Bacalah selalu dan ikuti instruksi label insektisida dan peringatan keselamatan. Penggunaan insektisida dengan dosis yang berlebih bisa membahayakan kesehatan keluarga Anda
  6. Jika Anda menyewa jasa pembasmi kutu untuk membantu mengendalikan kutu busuk di rumah Anda, minta mereka untuk menemukan dan memperbaiki sumber masalahnya sebelum menggunakan insektisida. Misalnya, Anda mungkin harus memperbaiki toilet bocor untuk menghilangkan genangan air.
  7. Gunakan bahan kimia yang mendapat izin untuk digunakan di dalam rumah.
  8. Label akan mencantumkan di mana bahan kimia tersebut dapat diaplikasikan.
  9. Tuliskan nama dan nomor registrasi EPA dari setiap bahan kimia yang digunakan oleh orang yang Anda sewa. Anda akan memerlukan informasi ini jika Anda ingin mencari informasi lebih lanjut tentang insektisida yang digunakan.
  10. Operator pengendalian hama harus dapat memberikan informasi tentang bahan kimia, seperti lembar data keselamatan bahan (MSDS).

Buang sisa dan wadah insektisida dengan benar

  1. Baca label untuk mengetahui cara membuang pestisida dan wadahnya.
  2. Hubungi lembaga yang mempunyai wewenang dalam pembuangan limbah B3 rumah tangga agar mendapatkan penanganan sesuai peraturan tentang limbah B3 dan lingkungan sekitar rumah tangga Anda aman.

Jika dirasa Anda tidak membutuhkan jasa pembasmi kutu, selalu pahami prosedur pengendalian kutu dan penggunaan produk insektisida. Terapkan juga perawatan yang harus dilakukan setelah pembersihan kutu busuk untuk mencegah adanya kembali serangan kutu busuk.