Laptop Sering Restart Sendiri?? Begini Cara Memperbaikinya Seperti Para Teknisi Ahli

Pengalaman dalam memakai laptop pasti bisa jadi tiap orang beda – beda. Apalagi yang menyangkut kerusakan. Sebagai barang elektronik yang kini disukai banyak orang laptop memang punya banyak kelebihan dibanding lainnya yang sejenis.

Namun dari itu, pernah tidak menjumpai laptop yang di miliki sering restart sendiri??? Ini akan membuat geram sekali, apalagi sedang mengerjakan pekerjaan penting di kerjar deadline.

Penyebab terjadinya ini beragam sekali, dan cara mendeteksinya pun tidaklah mudah. Dibutuhkan keahlian khusus.

Apa saja sih langkah yang dipilih untuk mengatasi laptop yang sering restart sendiri.??

1. Disable Setting Automatic Restart

Sudah tahu belum fitur pada windows mengenai Disable Setting Automatic Restart??? Fitur yang akan membantu laptop restart secara sendirian tanpa diberi komando kalau saja terjadi error saat digunakan. Seringnya fitur yang ada ini pasti akan selalu aktif. Dan sebenarnya ini bisa saja dinonaktifkan supaya saat laptop restart tidak serta merta mati sendiri, namun akan ada pesan terlebih dahulu. 

Caranya :

Ketik pada search windows dengan View advanced system settings selanjutnya ke Startup and Recovery klik Setting. Selanjutnya akan melihat Automatically restart dan uncheck saja. Setelah itu tekan OK dan restart.

2. Cek suhunya

Pada saat awal beli, suhu laptop di dalamnya akan normal. Namun seiring waktu maka akan terjadi perubahan menjadi lebih tinggi. Beberapa penyebabnya karena ada kotoran yang ada sehingga panas yang terbuang tak bisa maksimal.

Untuk itu sebaiknya seringlah memonitor suhu yang ada. Agar mudah bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3 seperti Coretemp atau HWMonitor.

3. Bersihkan laptop

Kotoran yang ada di bagian dalam ini akan memberi masalah berarti. Ini dikarenakan panas yang dihasilkan oleh komponen yang bekerja ini tidak bisa dibuang keluar dengan sebagaimana mestinya. Maka itu dengan semakin banyak panas yang ada secara otomatis akan membuat panas berlebih atau overheat. Maka dari itu segera saja cari teknisi laptop yang seringnya service komputer pun bisa melakukannya. Karena teknisi yang ada umumnya bisa mengerjakan dengan baik.

4. Bersihkan RAM

Meskipun ada di bagian dalam RAM ini perlu juga dibersihkan. Karena bila kotor bisa saja membuat laptop restart sendiri. Untuk membersihkannya, pada bagian pin yang ada bisa dibersihkan memakai penghapus. 

5. Cek Harddisk

Ternyata harddisk juga salah satu penyebab mengapa laptop bisa restart secara sendiri. Ini biasa terjadi pada harddisk yang sudah mengalami bad sector. Bad sector adalah sebuah bagian pada hd yang telah mengalami kerusakan sehingga sudah tak dapat dibaca juga olehnya. 

6. Virus

Virus memang masuk tak ada yang tahu. Sebuah aplikasi yang sengaja dibuat untuk melemahkan sistem yang ada. Bila sistem sudah terinfeksi oleh virus maka lambat laun akan merusak. Sehingga membuat kinerjanya semakin berat. Efeknya adalah karena beban kerja berlebihan akhirnya laptop restart sendiri.

Untuk yang tak mau repot – repot mengurusi itu semua maka anda bisa memanggil service laptop jakarta yang akan menyelesaikan persoalan diatas. Serahkan semua pada ahlinya dan anda bisa diem santai sambil ngopi untuk menunggunya.