Manfaat Air Kelapa yang Wajib Banget Kalian Ketahui

Halo teman-teman,pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai manfaat air kelapa bagi kesehatan. Penasaran kan? Yuk baca sampai akhir.

Perbedaan Kandungan Nutrisi Kelapa Muda dan Kalepa Tua

1. Kandungan Nutrisi Dalam Kelapa Muda

Buah kelapa memiliki nama latin yaitu Cocos nucifera. Umumnya, air buah ini mengandung 16 kalori dan 4,1 gram glukosa. Sedangkan daging  buah yang terkandung di dalamnya mengandung 1,4 gram protein, 77 kalori,serta 3.6 gr lemak, 11 gram gula, 256 gram kalium, serta 6 miligram vitamin C.

Pada buah Kelapa ternyata juga mengandung zat kalium yang lebih tinggi dari minuman olahragawan. Bahkan lebih tinggi dibandingkan jika Anda mengonsumsi empat buah pisang.

Jika ingin memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, konsumsi saja air buah kelapa yang muda. Karena, air yang terkandung di dalam kelapa muda jauh lebih melimpah dibandingkan dengan yang tua. 

Namun, kandungan daging buah kelapa yang muda cenderung lebih sedikit dari kelapa yang tua. Hal ini dikarenakan lebih dari 95 persen isi dari buah kelapa muda adalah air.

Walaupun begitu, tidak semua buah kelapa muda mengandung air yang berlimpah. Karena, kadar air per butir buah kelapa sangat beragam tergantung dari ukuran buahnya. Komposisi gizinya juga sama beragam, tergantung dari jenis buah kelapa dan umur buahnya.

2. Kandungan Nutrisi Dalam Kelapa Tua

Di sisi lain, nutrisi dari air ataupun daging buah kelapa yang sudah masak secara umum lebih tinggi dibanding dengan buah kelapa muda. Dikarenakan, semakin lamanya waktu di atas pohon, buah kelapa akan secara terus menerus mengalami pertambahan berat dan ukuran.

Jika semakin tua umur buah, tentu saja jumlah kandungan kadar air dan daging buahnya maka akan lengkap dan sangat maksimal. Seringnya daging buah kelapa yang tua lebih tebal, memiliki tekstur lebih kasar karena mengandung lebih banyak serat, dan memiliki rasa yang jauh lebih gurih.

Daging buah kelapa yang sudah masak juga mengandung 30% minyak nabati lebih banyak dari kelapa yang muda. Jika yang anda perlukan adalah untuk membuat air santan, lebih baik Anda memilih buah kelapa yang sudah tua karena daging buahnya lebih berlimpah.

Sebaliknya, daging buah kelapa yang muda biasanya jauh lebih sedikit, teksturnya lebih halus ,kenyal, dan rasanya pun tidak sepekat daging buah kelapa yang sudah tua.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat air kelapa muda bisa didapatkan untuk kesehatan ataupun kecantikan. Air kelapa muda juga memiliki cita rasa yang enak dan segar. Maka tidak heran jika banyak kalangan yang  menyukai air kelapa muda.

Mengkonsumsi air kelapa muda sangat cocok jika saat cuaca panas sehingga dapat melegakan tenggorokan. Oleh sebab itu, air kelapa muda sangat tepat jika dikonsumsi ketika sedang beraktivitas berat serta banyak mengeluarkan peluh.

Manfaat air kelapa tentunya dipengaruhi dari kandungan yang kaya akan gizi di dalamnya. Beberapa kandungan gizi tersebut mulai dari vitamin C. biotin,asam nikotinat, asam pantotenat, riboflavin, asam folat, dan sebagainya. 

Oleh sebab itu, Anda bisa mengkonsumsinya dengan teratur tetapi juga harus sesuai dengan anjuran. Jika ingin tau secara lebih rinci, berikut kami rangkum 7 manfaat dari air kelapa muda yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Manfaat air kelapa muda bagi kesehatan yang pertama yakni dapat mengatasi berbagai macam keluhan penyakit yang menyangkut pada sistem pencernaan. Air kelapa dipercaya mampu menjadi obat untuk seluruh penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. 

Biasanya air kelapa dipergunakan sebagai obat diare, gangguan pencernaan,cacingan, konstipasi, infeksi kandung kemih, hingga gangguan pada ginjal.

Manfaat air kelapa muda berguna ketika kamu mengalami penyakit diare karena dapat menggantikan cairan tubuh yang berkurang dari saluran gastrointestinal. Hal ini disebabkan karena pada air kelapa terkandung asam amino, zat mineral, enzim,serta asam lemak yang menjadikan air kelapa memiliki kandungan osmolaritas tinggi.

Air kelapa juga mengandung natrium,klorida yang rendah serta tinggi glukosa dan asam amino. Ini adalah komposisi cairan seimbang yang terdapat pada minuman untuk mencegah dehidrasi. 

Pada air buah kelapa juga mempunyai kandungan enzim biaktif alami, seperti katalase,fosfatase, dehidrogenase, RNA-polimerase,diastase, peroksidase, dan berbagai enzim yang lainnya.Kandungan enzim yang terdapat pada air kelapa ini dapat membantu memperlancar sistem pencernaan untuk metabolisme dalam tubuh.

2. Menghilangkan Dehidrasi

Manfaat dari air kelapa muda yang selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah dehidrasi. Air kelapa muda mempunyai banyak persamaan dengan cairan yang berada dalam tubuh. Selain itu, air kelapa juga memiliki banyak kandungan elektrolit yang tinggi dan dapat menggantikan cairan penting yang hilang didalam tubuh ketika kita beraktivitas berat.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda yaitu potasium yang bermanfaat untuk menjaga kadar tekanan air dalam sel dan juga di dalam darah. Air kelapa muda juga tidak susah diserap oleh tubuh. Hal itulah yang dijadikan alasan air kelapa muda bermanfaat mengurangi dehidrasi dalam tubuh.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat air kelapa muda yang ketiga adalah sebagai bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan kita. Khasiat air kelapa muda biasanya terpengaruh oleh kadar gula, kandungan lemak, dan kalori yang sangat rendah. Pemanfaatan air kelapa muda sebagai bahan alternatif alami untuk penurun berat badan yang tidak akan menimbulkan efek samping

4. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat air buah kelapa muda yang selanjutnya yakni dapat mengontrol tekanan darah pada tubuh. Kandungan kalium yang sangat tinggi serta natrium yang rendah yang terdapat dalam air kelapa dapat mengurangi dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam penelitian yang berasal dari West Indian Medical Journal menjelaskan bahwa hasil observasi pada penderita hipertensi tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan mengkonsumsi air kelapa dengan rutin. 

Hasilnya membuktikan bahwa tekanan darah tinggi secara perlahan rata-rata menurun.

Selain itu, air kelapa juga bisa membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), bisa meminimalisir pembentukan plak pada gigi, meningkatkan sensitivitas insulin, mengatur penyerapan gula.

5. Menghidrasi Kulit

Jika anda mempunyai masalah kulit kering, ada kemungkinan besar bahwa kulit pada tubuh anda butuh banyak cairan yang bisa secara alami melembabkan permukaan kulit wajah anda. Khasiat air kelapa muda bisa menjadi solusi yang tepat.

Selain meminum banyak air putih, anda dapat meminum air kelapa karena mengandung banyak vitamin C yang dapat menyehatkan kondisi kulit anda. Supaya hasilnya optimal, dapat gunakan tabir surya serta hindari pancaran sinar matahari secara langsung.

Biasakan untuk rajin memakai pelembab setelah mandi. Hal ini dilakukan karena kulit tubuh yang lembab akan mengunci lotion pelembab lebih lama daripada dipakai saat kondisi kulit benar-benar kering.

6. Melindungi dan Menjaga Elastisitas Kulit

Kegunaan air kelapa muda untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat menjaga elastisitas kulit kita. Hal ini disebabkan karena air kelapa yang masih muda banyak mengandung vitamin C. sedangkan tubuh juga memerlukan vitamin C yang cukup untuk memproses kolagen dan antioksidan agar dapat mencegah radikal bebas.

Minum air kelapa minimal satu gelas dalam sehari,dipercaya kebutuhan harian vitamin C yang diperlukan oleh tubuh bisa terpenuhi. Air kelapa juga dapat  dijadikan sebagai alternatif untuk memenuhi asupan tubuh dengan vitamin C apabila tidak begitu suka dengan rasa masam yang biasanya dirasakan pada buah yang mengandung vitamin C.

Manfaat air kelapa muda yang selanjutnya yaitu dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh manusia. Kandungan tanin serta antidotum (anti racun) yang dimiliki buah kelapa sangat tinggi. Air kelapa muda juga memiliki kandungan enzim yang dapat mengurai sifat racun yang ada dalam tubuh.

7. Mencegah Penuaan Dini

Untuk kegunaan air kelapa muda yang terakhir yakni dapat mencegah penuaan dini. Wajib diketahui bahwa air kelapa muda membuat kulit lebih halus dan tampak lebih muda. Zat sitokinin (salah satu hormone pertumbuhan) yang ada dalam air kelapa memiliki khasiat untuk mengatur pertumbuhan, perkembang biakan, dan penuaan sel.

Kandungan sitokinin yang ada pada air kelapa memiliki efek yaitu dapat mencegah penuaan, karsinogenik, dan anti trombotik (anti pembekuan sel darah). 

Sitokinin dipercaya dapat menyeimbangkan kadar pH yang ada dalam tubuh, menghidrasi dan memperkokoh jaringan ikat, serta dapat mengurangi risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan usia.

Kalian bisa menggunakan mesin pengupas kelapa agar lebih mudah pada saat mengonsumsi buah kelapa. Sekian artikel tentang manfaat air kelapa. Semoga bermanfaat.