kucing lynx

Mari Berkenalan Dengan Predator Terbesar di Benua Eropa, Inilai 6 Fakta Kucing Lynx Eurasia

Dikutip dari blog hewan rumahfauna.com, negara Indonesia memiliki banyak jenis kucing liar yang populer dan dilindungi.

Tapi apakah kamu pernah dengar jenis kucing Lynx? Yaps, kucing liar berukuran besar ini bisa ditemukan di beberapa negara termasuk benua Asia.  Lynx Eurasia merupakan spesies terbesar dari empat spesies lain yang ada.

Spesies ini juga masuk ke dalam kategori predator terbesar di Eropa dan bersaing dengan beruang cokelat, harimau, dan serigala.

Selain dikenal sebagai predator, kucing liar ini terkenal memiliki bulu yang sangat halus dan tebal. Uniknya lagi bulu kucing lynx dapat berubah warna mengikuti musim loh.

Berikut adalah fakta kucing liar lynx yang belum diketahui banyak orang!

kucing lynx

1. Menjadi Salah Satu Predator Terganas di Eropa

Kucing liar ini menjadi salah satu predator terbesar dan terganas di Eropa. Lynx saat dewasa beratnya bisa mencapai 18 – 36 kilogram dan panjang tubuh sekitar 70 – 130 sentimeter. Bisa dibayangkan betapa gagahnya kucing liar ini.

2. Mempunyai Penglihatan dan Pendengaran Yang Tajam

Lynx Eurasia akan menyergap mangsanya secara tiba-tiba, dengan memprediksi lokasi mangsa melalui pendengarannya yang tajam. Kehebatan lainnya, kucing lynx bisa menemukan seekor tikus berjarak 250 kaki atau sekitar 76 meter jauhnya.

3. Warna Bulu Sering Berubah Mengikuti Musim

Bulu lynx dapat berubah mengikuti musim yang ada. Saat musim dingin, warna bulu mereka keabu-abuan dan menjadi lebih tebal. Sedangkan saat musim panas tiba, warna bulunya berubah menjadi merah atau kecoklatan dan tidak terlalu tebal.

4. Telapak Kaki Yang Lembut Untuk Berjalan Di atas Salju

Lynx Eurasia memiliki kaki panjang dan telapak kaki yang lebar untuk membantunya berjalan di atas salju. 

5. Suka Hinggap Di Atas Pohon

Sama seperti kucing liar pada umumnya, kucing lynx juga merupakan pemanjat yang ahli. Mereka suka hinggap di atas pohon untuk sekedar tidur atau menghindar dari kejaran hewan buas lainnya. 

6. Jarang terlihat

Menjadi hewan yang tidak suka bersosialisasi membuat lynx sulit ditemukan manusia. Merek akan lebih aktif di malam hari saat semua orang sudah tertidur pulas.

Nah, itulah beberapa fakta menarik mengenai predator lynx yang belum banyak dikenal orang. Apakah kamu akan lari jika bertemu kucing liar ini?