Metode Tepat untuk Meningkatkan Produksi Pertanian

Agar berhasil dalam menjalankan pertanian, perlu diperhatikan terkait metode yang tepat untuk meningkatkan produksinya. Indonesia sendiri sebenarnya dapat menjadi lumbung padi di Asia Tenggara atau bahkan dunia, dengan melihat potensi tersebut. Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan produksi pertanian?

Metode Tepat untuk Meningkatkan Produksi Pertanian

Seiring perkembangan zaman, ada banyak kekurangan dan kelebihan yang berkaitan dengan pertanian. Hal inilah mengapa perlunya menerapkan metode khusus agar bisa bertahan dan tetap mendapatkan hasil terbaik, berikut ini ulasannya:

Sumber Lengkap : https://berkebun.co.id/

1. Pemanfaatan Lahan Rawa

Kawasan rawa sendiri dahulu hanya digunakan sebagai wilayah yang ditanami tumbuhan bakau untuk mencegah terjadinya abrasi. Sebagai inovasi pemerintah mengajak memanfaatkan wilayah tersebut secara maksimal untuk lahan pertanian.

Indonesia memiliki wilayah rawa yang cukup luas yaitu sekitar 14,4 juta hektare. Melihat perhitungan tersebut tentu akan membuka harapan besar untuk dimanfaatkan untuk diinovasikan agar bisa menghasilkan produk lebih banyak.

2. Adanya Diversifikasi Produk Pertanian

Diversifikasi sendiri adalah usaha untuk meningkatkan hasil pertanian dengan beberapa jenis produksi. Tujuannya yaitu untuk meminimalisir terjadinya ketergantungan satu jenis tanaman pertanian saja. Jika dapat menerapkan dengan baik jenis ini sangat menguntungkan.

Biasanya tanah yang ditanami dengan hanya satu jenis tumbuhan saja tidak menutup kemungkinan akan membuat media tanam menjadi kurang subur. Itulah sebabnya mengapa sangat penting menerapkan sistem diversifikasi.

3. Intensifikasi Pertanian

Cara penerapan metode ini dilakukan dengan cara mengelola lahan pertanian dengan baik, sistem tersebut untuk meningkatkan hasil produksi. Penerapannya sendiri sering pada wilayah dengan lahan sempit, misalnya pada Jawa sera Bali.

Metode ini bisa dilakukan dengan cara menerapkan sapta usaha tani yang meliputi pemilihan bibit unggul, pengolahan tanah yang baik, serta melakukan pemupukan sesuai kebutuhan tanaman. Tujuannya agar tidak berlebihan maupun kekurangan.

Itulah penjelasan singkat terkait metode tepat untuk meningkatkan produksi pertanian yang bisa Anda terapkan untuk menunjang kemajuan nantinya. Meski terlihat sederhana namun hal ini bisa menentukan bagaimana kualitas yang didapatkan. Hal ini sangat penting diterapkan serta diketahui terutama para petani.