pengertian desain interior

Pengertian Desain Interior, Sejarah, Elemen, dan Ruang Lingkup

Desain interior merupakan cabang dari seni rupa yang lebih fokus untuk merancang ruang bagian dalam sebuah bangunan. Berikut akan dikupas mengenai pengertian desain interior secara mendalam.

Sebelum melanjutkan pembahasan soal pengertian desain interior, buat kamu yang lagi cari referensi tentang kombinasi warna cat rumah untuk mempercantik interior ruangan. Bisa baca  referensinya di pilihan kombinasi warna cat rumah.

Dengan pemilihan kombinasi warna cat rumah yang tepat maka akan mempercantik tampilan desain interior rumah kamu. Kembali ke soal pembahasan pengertian desain interior, berikut ini alasannya:

pengertian desain interior

Pengertian Desain Interior

Berikut ini akan kita bahasa pengertian desain interior dalam dua hal yakni secara makna, dan pengertian menurut para ahli.

1. Secara Makna

Desain interior berasal dari dua kata, yaitu “desain” dan “interior.” Berdasarkan KBBI, desain yang berarti rancangan atau kerangka bentuk. Asal kata desain dari bahasa Inggris “design,” artinya gambar yang menunjukkan tampilan suatu rumah atau kantor sebelum dibangun.

2. Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian desain interior menurut para ahli:

  • D. K. Ching

Desain interior adalah membuat rencana, merancang dan menata ruang. Fungsinya untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti berlindung, mengatur kegiatan, mengekspresikan perasaan, dan ide.

  • Alexander C.

Suatu komponen fisik dari sebuah struktur fisik.

  • Dodsworth

Desain interior secara luas adalah berfungsi membuat manusia lebih nyaman saat beraktifitas di dalam ruangan.

Sejarah dan Perkembangan

Kebudayaan dan bahan yang tersedia mempengaruhi perkembangan hiasan maupun gaya furnitur ruangan. Contohnya gaya vintage yang kini menjadi favorit banyak orang.  

Berbagai produk seni banyak dihasilkan oleh bangsa Mesir Kuno yang terampil dalam bidang kekriyaan, meski dengan keterbatasan alat.

Selain itu, ada Yunani Kuno dan Romawi yang turut berperan mengawali perkembangan desain interior. Seiring berkembangnya zaman, muncul berbagai desain seperti kontemporer dan lainnya.

Zaman renaisans merupakan puncak kejayaan dari sebuah seni, tepatnya terjadi di Italia. Hasil riset menunjukkan akhir abad ke-16 di negara tersebut dijumpai kata “designo esterno” yang menggambarkan, bahwa desain maupun dekorasi interior saat itu mulai memiliki peran penting.

Elemen-Elemen Desain Interior

Elemen-elemen dalam desain interior bersifat spesifik dan unik. Elemen tersebut antara lain lantai, dinding, langit-langit, elemen estetis, elemen bukaan, dan elemen cahaya yang wajib untuk diketahui agar mendukung terbentuknya desain yang bagus.

Ruang Lingkup

Secara teori ruang lingkup desain interior meliputi memilih cara yang cocok untuk dekorasi, jenis pelapis dinding yang mendukung keindahan ruangan, dan menggambar ruang serta tata letak perabotan.

Selain itu, merancang bentuk furnitur, menentukan tipe jendela misalnya memakai gaya bohemian, jenis lampu, bahan, warna, bentuk, dan pola lantainya juga harus direncanakan dengan baik. Tanaman yang dipajang juga harus aman.

Tujuan

Secara singkat tujuan dalam melakukan desain interior ruangan atau rumah terdapat 3 hal yakni sebagai berikut:

  1. Memperbaiki suatu fungsi
  2. Meningkatkan nilai estetika
  3. Menambah aspek psikologis pada ruangan

Kini, Anda semakin paham bukan mengenai apa itu desain interior. Informasi tersebut penting diketahui untuk mempermudah membuat desain eksterior rumah Anda yang bisa disesuaikan dengan gayanya apakah klasik, modern atau minimalis.

Dapatkan lebih banyak informasi tentang desain interior atau desain rumah dalam blog desain, Semoga bermanfaat.