Pengertian Seni Tari, Ciri & Fungsinya

Indonesia memiliki banyak sekali ragam budayanya, yang mana salah satunya adalah kesenian. Ada banyak sekali kesenian yang ada di negeri kita ini. Salah satu kesenian yang sangat masyhur adalah seni tari.

Apa sih seni tari itu?? Kesenian tari itu biasanya digunakan untuk mengiringi atau pembuka dari suatu acara. Seni tari adalah penggabungan dari visual dan irama.

Ada banyak sekali jenis tarian yang ada di Indonesia, bahkan dari setiap daerah memiliki ciri khas tariannya sendiri loh. Nah untuk mengetahuinya langsung saja yuk kita simak ulasannya sebagai berikut:

Pengertian Seni Tari, Ciri & Fungsinya

Seni tari ini terus berkembang dengan seiring berjalannya waktu, bahkan di era sekarang ini sudah banyak sekali kita temukan tarian-tarian yang modern.

Pengertian Seni Tari

Seni tari adalah suatu bentuk gerakan yang memiliki irama, dilakukan di tempat dan waktu tertentu yang mana tarian tersebut dilakukan untuk mengekspresikan suatu perasaan dan juga ingin menyampaikan pesan dari kelompok.

Adapun menurut para ahli seni tari adalah:

1.  Menurut Suryadiningrat

Seni tari adalah suatu gerakan yang dilakukan oleh seluruh anggota tubuh dan dilakukan sesuai dengan irama musik yang mengiringi dan memiliki tujuan serta maksud tertentu.

2. Menurut Soedarsono

Seni tari adalah suatu bentuk ungkapan yang ada dalam jiwa manusia kemudian diekspresikan dengan gerakan – gerakan yang estetis.

Ciri – Ciri Seni Tari

Seni tari juga memiliki ciri tersendiri, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tari memiliki pola gerak yang memang sudah ditentukan dari sananya

2. Tari termasuk memiliki nilai seni yang paling tinggi

3. Tari biasanya akan tumbuh dan juga berkembang di ruang lingkup bangsawan

4. Ukuran keindahan yang dimiliki oleh tari itu melebihi batas daerah.

Fungsi Tari

Seni tari yang dibawakan oleh orang maupun sekelompok orang juga ternyata memiliki beberapa arti atau fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Pertunjukan

Fungsi yang pertama adalah sebagai pertunjukan. Yang artinya bahwa tarian yang dibawakan tersebut hanya untuk sebuah hiburan dan pertunjukan saja. Biasanya tarian yang dibawakan sangat indah dan terkonsep sehingga orang – orang yang melihatnya akan merasa terhibur.

2. Sebagai Tarian Upacara

Fungsi selanjutnya adalah untuk pengiring atau pembuka suatu upacara. Biasanya tarian dibawakan untuk upacara adat atau keagamaan.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/

3. Sebagai Pergaulan dan Seni

Seni sebagai pergaulan yang artinya adalah tarian sebagai bentuk interaksi yang dilakukan agar satu sama lain dapat berkomunikasi dan saling mengenal.

Sedangkan fungsi keseniannya adalah bahwa tarian itu sebagai budaya yang harus dijaga dan dilestarikan secara turun temurun.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Seni Tari , Ciri & Fungsinya. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂