Pentingnya Pendidikan Mental Sejak Dini

Para orang tua sering lupa terhadap kesehatan mental dari anak-anaknya. Padahal mereka membutuhkan peran ayah dan ibunya untuk membantu membangun kesiapan kontrol diri yang baik terhadap apa yang akan terjadi di depan nanti, apalagi di zaman seperti sekarang ini.

Cara Memberikan Pendidikan Mental yang Baik

Anak seringkali merasa dirinya selalu ditekan oleh orang tuanya. Karena banyak tuntutan mulai dari cara bersikap, nilai sekolah, sampai kepribadian yang harus ditampilkan dengan sempurna. Nah untuk para orang tua berikut ini adalah langkah atau tips membangun mental pada si kecil agar lebih tahan banting:

Bangun Komunikasi

Sebagai orang tua harus memiliki komunikasi yang baik, bukan hanya sebatas hubungan darah saja, namun benar-benar terhubung dari hati ke hati.

Langkah satu ini tidak boleh terlewatkan karena dari sinilah Anda akan membangun pondasi yang kokoh untuk tahapan selanjutnya. Mulailah dengan saling bercerita. Sering dianggap sepele, padahal jika sang anak berani bercerita hal apapun itu, menandakan dia percaya untuk menjadikan ayah ibunya sebagai partner yang baik. 

Tinggal menjaga kondisi tersebut sampai bertumbuh dewasa, semakin memahami dunia dari sisi positif, negatifnya. Setelah komunikasi terjalin lanjut ke tahapan selanjutnya.

Ajari untuk Menerima Kekalahan

Hal satu ini mungkin sering dianggap tidak perlu, banyak orang tua yang salah dan memilih mengatakan “biarin aja, kan masih kecil” saat anak sedang bertengkar dan salah satu menangis saat mengalami kekalahan.

Padahal itu bisa menjadi kebiasaan buruk, terbawa sampai dewasa nantinya. Sebenarnya tidak ada salahnya menjadi seseorang yang kompetitif hanya saja berbahaya jika sampai mengabaikan kesehatan mentalnya sendiri, menjadikan patokan kebahagiaannya pada hasil maksimal tersebut. lama-kelamaan ini bisa menjadi boomerang, hingga membuat depresi.

Hargai Privasinya

Anak juga memiliki privasi, tidak semua hal harus diberitahukan pada orang tua. Cukup hargai itu, dengan begitu ia akan merasa dihargai dan layak untuk bahagia. Kesehatan mental yang bagus lahir dari sebuah kehangatan sebuah keluarga yang menjadi tempatnya pulang. 

Itulah beberapa hal tentang pendidikan mental seorang anak dari usia dini, jangan sepelekan hal tersebut jika tidak mau terjadi kejadian buruk di kemudian hari.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/