Mencegah kanker lidah

Perlu Diketahui! Inilah 4 Cara Mencegah Kanker Lidah yang Mudah Dilakukan

Diantara banyaknya jenis kanker yang diketahui, kanker lidah menjadi salah satu kanker yang paling berbahaya. Kanker lidah sebenarnya adalah tumor ganas yang terjadi pada lidah. Kanker lidah merupakan penyakit yang sulit dideteksi.

Mengapa demikian? Karena gejala kanker lidah sangat mirip dengan gangguan pada mulut biasanya. Misalnya seperti sariawan, susah menelan, timbulnya bercak putih di lidah, dan lain sebagainya.

Maka dari itulah, tidak terdapat gejala yang terlihat jelas. Jadi, sedikit sulit untuk mencegah kanker lidah ini. Biasanya penderita kanker lidah terlambat mengetahui dan sering mengabaikan gejala yang memang seperti gangguan biasa pada mulut.

Meskipun sampai sekarang ini belum ditemukan cara ampuh untuk mencegah kanker lidah, namun Anda perlu mengetahui cara untuk mencegah kanker lidah yang mudah dilakukan. Berikut ini adalah cara mencegah kanker yang bisa dilakukan sejak dini.

Sumber : https://www.deherba.com/artikel-kanker/kanker-lidah 

Empat Cara Mencegah Kanker Lidah

1. Berhenti merokok

Jika Anda adalah seorang perokok aktif, maka sebaiknya mulai sekarang Anda harus berhenti merokok. Telah diketahui bahwa rokok mengandung banyak zat yang berbahaya.

Selain berisiko menyebabkan kanker mulut, kanker paru-paru serta kanker tenggorokan, merokok juga berisiko tinggi dalam menyebabkan terjadinya kanker lidah.

Hal ini dikarenakan oleh tembakau yang ada pada rokok tersebut, ternyata mengandung zat kimia yang berbahaya dan dapat memicu terjadinya kanker lidah. Jadi, agar terhindar dari kanker lidah dan penyakit kanker ganas yang lainnya, Anda harus berhenti merokok.

Mencegah kanker lidah

2. Menghindari minuman beralkohol

Apakah Anda termasuk pecandu alkohol? Jika Anda tidak ingin menderita kanker lidah, sebaiknya Anda harus berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.  minuman alkohol.

Kanker lidah dapat terjadi jika Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol. Perlu diketahui bahwa minuman beralkohol itu dapat membuat iritasi sel-sel yang ada di dalam mulut. Inilah yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker lidah.

3. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi, dan dapat menyehatkan tubuh. Di dalam buah dan sayur juga terkandung banyak vitamin dan antioksidan.

Vitamin dan antioksidan inilah yang dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kanker mulut dan kanker lidah. Mengonsumsi buah dan sayur juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Memeriksakan kondisi mulut ke dokter gigi

Memeriksakan kondisi mulut ke dokter gigi yang dilakukan secara teratur dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalam mulut. Saat Anda ke dokter gigi, mintalah dokter untuk memeriksa kondisi mulut secara keseluruhan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kanker lidah dan kanker mulut.

Demikian ulasan terkait cara mencegah kanker lidah yang mudah dilakukan. Ingatlah selalu pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati.