Plumbing Snake

Plumbing Snake Alat yang Dipakai oleh Jasa Sedot WC 

Plumbing Snake

Jasa sedot wc sudah ada banyak sekali saat ini. Beragam penawaran pun banyak ditawarkan untuk mendapatkan perhatian calon pengguna jasa. Namun sayangnya dari banyak tukang jasa sedot limbah tidak kooperatif, salah satu diantaranya harga yang diberikan menguras kantong konsumen.

Oleh sebab itu Anda pun pintar sebelum memilih jasa sedot wc untuk menanani wc yang mampet. Dan pastikan pula bahwa tukang jasa tersebut komunikatif serta tidak sungkan untuk memberikan informasi untuk mengatasi wc tersumbat.

Biasanya tukang jasa sedot limbah akan menggunakan alat untuk menangani wc yang mampet. Salah satu alat yang biasa mereka gunakan adalah Plumbing Snake.

 

Apa itu Plumbing Snake?

Plumbing Snake atau biasa disebut auger merupakan pembersih saluran air yang dilengkapi dengan kawat yang lentur. Alat pada bahan ini biasa digunakan untuk mengatasi sumbatan di toilet yang buntu. Saat Anda menggunakannya, auger akan mengikuti bentuk pada saluran toilet sehingga tidak akan menggores dan merusak porselen di toilet Anda. Karena sifat pada kawat yang lentur tersebut mampu menjangkau benda yang tersangkut di kloset penyebab WC tersumbat.

 

Cara Menggunakan Plumbing Snake

  • Tempatkan ujung kawat ke dalam toilet. Kemudian letakkan kawat dan turunkan ujung logam plumbing snake ke mangkuk toilet. Lalu dorong secara perlahan ujung kepala auger ke dalam kloset. Karena ujung pada auger ada kait yang melengkung, yang akan membantu Anda memecah dan mengambil puing-puing yang tersumbat di pipa.
  • Pastikan sebelum pemakaian lapisan plastik pada ujung auger utuh sehingga tidak menggores porselen. Bila sebaliknya ada baiknya bungkus terlebih dahulu dengan lakban.
  • Pilin dengan pelan pegangan auger searah jarum jam. Setelah auger sudah berada di posisi, maka Anda mulai untuk memutar gagang dengan stabil di ujung dengan arah berlawanan. Hal tersebut dilakukan agar auger semakin memanjang dan mendorong penyumbat untuk masuk ke dalam pipa lebih dalam lagi. Kawat pada auger pipa dibuat menggunakan gulungan logam yang fleksibel, sehingga dapat menekuk dan mengikuti kontur pipa saat dilepas.
  • Selanjutnya Anda harus dapat merasakan dengan pasti pergerakan dari kawat auger. Bila Anda mengetahui auger melambat atau berhenti, kawat auger mungkin sudah tidak dapat masuk lebih dalam lagi. Maka langkah yang harus Anda lakukan adalah, tarik perlahan auger keluar dari lubang kloset, usahakan jangan terlalu kasar atau menarik keluar auger dengan paksa. Biarkan auger keluar dengan berliku dan mengeluarkan penyumbat dengan sendirinya.

 

Beberapa Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menggunakan Plumbing Snake

Sebelum Anda mengerjakan wc yang mampet dengan menggunakan auger, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa hal penting lainnya. Dengan demikian Anda sudah dapat mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi. Berikut adalah beberapa alat yang harus disiapkan.

  • Menyiapkan kain, handuk, tisu, atau lap yang cukup banyak untuk menutupi lantai sekitar kloset. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi lantai dari percikan air kotoran yang keluar dari kloset.
     
  • Sarung tangan karet panjang, usahakan agar panjang sarung tangan sampai dengan siku. Dengan demikian akan melindungi Anda dari kotoran toilet. Karena sudah bukan hal remeh lagi, bahwa toilet yang mampet banyak terkandung bakteri dan kuman-kuman yang jahat. Oleh sebab itu lebih baik untuk mencegah daripada pada mengobati penyakit yang akan menyerang seperti kolera dan tipes.
     
  • Menyiapkan kantong plastik atau tempat sampah untuk membuang benda-benda yang berhasil ditarik keluar oleh auger. Ambil dan segera buang ke dalam plastik, jangan lupa untuk ditutup dan dibuang kembali ke tempat pembuangan sampah akhir. Segera cuci tangan menggunakan sabun bersih setelah Anda selesai mengerjakannya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Plumbing Snake yang biasa dipakai oleh jasa sedot wc untuk Anda gunakan mengatasi wc mampet. Jangan paksa untuk melakukan sendiri bila wc masih mampet, segera hubungi jasa sedot limbah terpercaya untuk menangani wc mampet Anda.