Siapa Sangka, Guru BK Bisa Mengubah Nasib Siswa Dengan 3 Hal Ini

Guru BK menjadi sosok yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan siswa karena perannya yang begitu penting dalam memantau setiap gerak gerik siswa. Banyak siswa yang mengatakan bahwa guru BK adalah polisi di sekolah. Hal itu tak lain karena guru bagian ini bertanggung jawab atas kondisi mental para siswa. Dengan tanggung jawab yang begitu besar, guru BK bahkan dapat mengubah nasib siswa. Bagaimana caranya?

Teguran

Menegur bukan berarti membenci, namun justru berarti peduli. Orang yang masih mau menegur berarti orang tersebut masih peduli. Hal ini sama ketika seorang guru menegur siswanya yang bertindak keliru. Guru yang masih mau menegur siswanya itu berarti guru mempunyai rasa peduli yang tinggi.

Siswa akan merasa disayangi oleh gurunya ketika guru tersebut menegur dengan teguran penuh kasih sayang. Siswa yang mulanya berada di jalan yang tidak benar akan mendapat pencerahan sehingga bisa berjalan di tempat yang seharusnya.

Bimbingan

Melalui bimbingan yang diberikan oleh guru, siswa akan mengerti arah tujuan hidupnya. Nasib siswa yang mulanya tidak jelas akan menjadi lebih jelas dengan pengarahan yang diberikan oleh guru. Dengan bimbingan yang tepat, siswa akan menemukan jalannya dalam mencapai tujuan hidupnya.

Hidupnya akan terhindar dari kebingungan dan dapat hidup menjadi manusia seutuhnya. Bimbingan menjadi hal yang paling berperan dalam mengubah nasib siswa. Siswa akan mempunyai pikiran yang lebih terbuka melalui arahan dari guru.

Konsultasi

Sudah jelas bahwa konsultasi mempunyai peran yang sama pentingnya dengan bimbingan. Melalui konsultasi, siswa dapat mengutarakan segala permasalahan yang dihadapinya. Guru dapat memberikan konsultasi terbaik agar apa yang dicita-citakan oleh siswa tidak berubah menjadi hal buruk. Selalu lengkapi konsultasi dengan dorongan dan motivasi yang kuat agar siswa tidak berkecil hati saat menghadapi hal apapun. Pendampingan dalam bentuk konsultasi sangat penting bagi nasib siswa ke depannya nanti.

Guru BK memang bertugas mendampingi setiap perkembangan siswa. Namun lebih dari itu, guru BK memiliki peran dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang membuat siswa menjadi lebih manusiawi. BK bukan hanya sekedar bimbingan konseling, namun bimbingan kehidupan.

Bacaan Selanjutnya : Map Raport K13