Software Desain Grafis

Software Design Grafis Terlengkap dan Banyak Digunakan

Demi mendukung berbagai hobi dan bakat seni yang dimiliki seseorang, dikembangkanlah berbagai teknologi yang memfasilitasi bakat tersebut. Salah satunya adalah softaware design grafis yang dibuat khusus untuk membantu proses desain yang lebih cepat dan berkualitas. Tentu sangat menunjang bagi yang hobi dan suka dengan desain grafis.

Terdapat banyak software yang menunjang untuk membuat gambar grafis, baik pada platform android maupun PC atau komputer.

Sebagai contoh produk yang bisa dihasilkan melalui software atau aplikasi desain grafis adalah: desain brosur, desain logo, desain poster, desain flyer dan lain – lain.

Langsung saja, simak info berikut ini terdapat 10 software desain yang bisa kamu coba untuk menunjang karya desain mu.

Software Desain Grafis

Software Design Grafis yang Banyak Digunakan

Software desain grafis adalah salah satu perangkat komputer yang dibuat untuk membantu kegiatan desain grafis. Dari sekian banyak software yang tersedia, beberapa di antaranya memiliki fitur yang cukup lengkap, sehingga banyak digunakan, seperti berikut ini:

1. Corel Draw

Aplikasi desain yang pertama adalah Corel Draw. Aplikasi CorelDraw merupakan aplikasi desain grafis yang sudah ada sejak lama. Penggunaannya sangat mudah dan gampang dimengerti.

2. Adobe Photoshop

Selanjutnya yang kedua ini bisa dikatakan sangat populer dan banyak digunakan, yaitu adobe photoshop.

Satu-satunya aplikasi desain grafis yang mendukung gambar berbasis bitmap adalah Adobe Photoshop. Sesuai namanya, aplikasi ini fokus digunakan untuk melakukan edit dan setting foto secara maksimal.

3. Adobe Illustrator

Jika ingin memadukan model desain dari Adobe Photoshop dan Corel Draw, maka aplikasi ini sangat cocok digunakan. Misalnya untuk membuat poster dengan foto menarik dan ilustrasi tulisan yang unik.

Adobe ilustrator ini salah satu aplikasi desain yang sering saya pakai, bisa dikatakan jadi favorit.

4. Adobe Indesign

Walaupun terdengar asing, ternyata software ini sangat ramah di kalangan desainer. Hasil desain yang dihasilkan dari aplikasi ini sangat ringan dan mudah digunakan.

5. GIMP

GIMP menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencari software desain grafis gratis. Meskipun gratis, software ini memiliki fitur yang cukup mumpuni. Selain itu ,GIMP bersifat open source, sehingga bisa digunakan pada banyak sistem operasi.

6. Inkscape

Aplikasi ini memang jarang dikenal masyarakat umum, namun cukup terkenal di kalangan desainer yang membutuhkan aplikasi ringan dan gratis.

7. Google SketchUp

Aplikasi desain ini bersifat tiga dimensi, sehingga sering digunakan untuk membuat desain bangunan. Software ini juga sangat ramah di kalangan mahasiswa yang fokus pada jurusan arsitek.

8. Manga Studio

Software ini lebih fokus untuk pengguna yang suka membuat desain kartun seperti yang ada pada komik. Proses pembuatannya juga bukan sekadar mengedit saja, namun benar-benar menggambar dari nol.

9. Xara Designer

Fungsi aplikasi ini sama dengan Adobe Indesign. Sangat efektif kalau dimanfaatkan untuk membuat logo, poster, brosur, serta undangan.

10. Macromedia Freehand

Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula, karena fitur yang ada di dalamnya mudah dipahami dan mirip dengan corel draw. Selain itu, tool yang ada di dalamnya juga sangat lengkap, sehingga efektif digunakan untuk membuat berbagai desain cetak.

 

Beberapa software design grafis berbasis vektor dan bitmap di atas adalah yang paling banyak digunakan desainer. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kemampuan. Jika belum ahli dalam membuat desain grafis, akan lebih baik memilih jenis software yang tampilannya mudah dipahami.

Pastikan salah satu diantara sepuluh aplikasi tersebut cocok untuk kamu pakai jadi partner desain mu sehari – hari.