Spesifikasi Treadmill Yang Perlu Anda Ketahui

Menjaga kesehatan tubuh teramat penting. Selain cukup istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin dan teratur juga merupakan cara tepat menjaga kesehatan. Dari sekian banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, fitness termasuk yang paling mudah dilakukan.

Saat ini melakukan fitness sudah semakin mudah karena banyaknya alat-alat fitness yang bisa dimanfaatkan untuk itu, salah satunya adalah treadmill. Jenis alat fitness yang satu ini bisa digunakan untuk berjalan maupun berlari. Jenisnya pun bermacam-macam dan cara penggunaannya terbagi dua, yaitu manual dan elektrik.

Untuk lebih mengenal treadmill,di bawah ini akan saya sebutkan spesifikasi pada treadmill yang perlu Anda ketahui.

4 Spesifikasi Utama Pada Treadmill

1. Dinamo Power

Salah satu spesifikasi pada treadmill yang perlu diketahui adalah dinamo power. Hanya saja, spesifikasi ini hanya dimiliki oleh treadmill elektrik. Fungsi dari mesin dinamo adalah sebagai penggerak belt treadmill sehingga bisa berputar dan digunakan berlatih.

Setiap treadmill elektrik memiliki besaran motor dinamo yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut terletak pada kekuatan dinamo dalam menggerakkan belt yang sudah terkena beban maksimal pengguna. Power dinamo diukur dalam satuan HP (horsepower). Semakin besar nilai horsepower, pastinya akan semakin besar pula kekuatan treadmill, sehingga putaran roda akan semakin cepat.

Jadi, kekuatan treadmill bisa diketahui dari dinamo power yang dimilikinya. Apabila dinamo power yang dimiliki treadmill besar, otomatis semakin besar pula berat badan pengguna yang dapat menggunakan alat tersebut.

2. Speed Control

Spesifikasi berikutnya pada treadmill adalah speed control. Alat ini berfungsi sebagai pengatur kecepatan mesin treadmill agar bisa berjalan sesuai keinginan Anda. Untuk pengaturan kecepatan bisa dilakukan pada handlebar. Tingkat kecepatan pada treadmill bisa diukur dan diatur sesuai dengan kebutuhan. Tentunya setiap jenis treadmill memiliki speed atau kecepatan bergerak yang berbeda. Sehingga semakin besar dinamo power semakin tinggi pula tingkat kecepatan (speed) yang dimiliki.

3. Cushion Deck

Fungsi dari alat yang satu ini adalah sebagai penahan hentakan langkah kaki Anda saat berlari. Cushion Deck yang berada di bawah papan lari ini berfungsi memberikan rasa nyaman saat berlari dan menghindari kemungkinan terjadinya cidera. Oleh karena itu, keberadaan spesifikasi treadmill yang satu ini juga sangat penting.

4. Auto Incline

Spesifikasi treadmill yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah Auto Incline. Fungsi alat ini adalah mengatur agar papan lari bisa naik turun secara otomatis. Pada saat papan berada posisi naik, langkah lari Anda akan terasa lebih berat hingga seakan-akan Anda sedang berlari di jalan tanjakan. Nah, Incline inilah yang melakukannya, sehingga tingkat latihan Anda lebih maksimal dalam membakar kalori.

Apabila Anda berkeinginan untuk membeli treadmill, sangat penting untuk mengetahui spesifikasi yang dijelaskan di atas sebelum membelinya. Sehingga, Anda membeli treadmill yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mendapatkan harga terbaik, sebaiknya Anda membelinya dari iReborn. Silahkan kunjungi situsnya di iReborn.co.id untuk informasi lebih lengkap.