sumber daya alam bali

Sumber Daya Alam Bali

Bali adalah sebuah pulau yang ada di Indonesia yang dikenal memiliki pantai yang indah, pegunungan yang masih asli dan juga wisata alam yang masih alami.

Potensi sumber daya alam di bali sangat banyak yang harus di kembangkan karena di kota ini mempunyai lingkungan yang masih sangat terjaga,  pantai yang bersih maupun pegunungan yang masih sangat terjamin keasliannya.

Menurut saya sumber daya yang harus di kembangkan selain pantai yaitu sumber daya alam pada sektor pertaniannya, alasanya yaitu karena bali sendiri cukup mempunyai lahan pertanian yang masih cukup luas untuk ditanami komoditi tanaman tani misalnya padi, jagung maupun lainnya.

sumber daya alam bali

Selain pertanian kami juga menyarankan untuk mengembangkan sumber daya pada sektor kehutanan karena bali sendiri mempunyai total 130.000 hektar hutan yang bisa di kembangkan untuk menjadi lebih berguna sebagai objek wisata supaya dapat meningkatkan hasil ekonomi masyarakat maupun Negara.

Beberapa Sumber Daya Alam Yang Ada Di Bali

Yuk langsung saja simak data dibawah ini untuk mengenai beberapa sumber daya yang dimiliki kota bali ini :

  1. Sektor Kelautan

Jelas yang pertama yaitu sektor kelautan karena apa? Karena bali sudah terkenal dengan indahnya pantai namun kamu jangan lupa letak bali yang di perbatasan pulau jawa. Maka di sektor kelautan ini masyarakat dapat memanfaatkannya untuk mengambil hasil ikan di laut ataupun budidaya rumput laut.

      2. Sektor Pertanian

Meskipun bali tidak memiliki sumber daya alam seperti pertambangan batu bara maupun yang lainnya. Namun bali mempunya lahan pertanian yang cukup luas sehingga mampu dimanfaatkan untuk ditanami berbagai jenis tumbuhan yang memiliki harga jual cukup tinggi untuk mendorong ekonomi masyarakat contohnya yaitu padi, jagung, teh ataupun buah buahan.

      3. Sumber Air Panas

Ketiga yaitu sumber air panas, di bali terdapat beberapa wisata alam tentunya tapi untuk sumber air panas ini kalau bisa harus di kembangkan secara lebih sehingga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung seperti yang sudah dijelaskan di alam alami sebagai contoh yaitu sumber daya alam sumber air panas yang ada di ubud bali selain menawarkan keaslian alam dan ketenangannya  maka kita juga bisa memanfaat sumber air panas untuk dijadikan wisata pemandian.

       4. Wisata Pantai

Siapa sih yang tidak tahu tentang bali yang memiliki pantai yang masih sangat bagus. Karena hampir semua wisatawan yang datang di bali adalah untuk berjemur di pantai maupun berselancar. Maka dari itu masyarakat bali harus selalu menjaga kebersihan di sekitar sektor wisata pantai agar tetap bersih sehingga wisatawan mau berkunjung lagi ke bali untuk menikmati pantai yang indah. Contohnya yaitu pantai yang berada di seminyak, kuta maupun sanur.

      5. Padang Rumput

Nah untuk yang terakhir tentu tidak ketinggalan mengenai padang rumput yang ada di bali karena bali juga memiliki hamparan luas rumput yang mampu dijadikan sebagai tempat untuk  beternak sapi maupun kambing. Tempat padang rumput inipun berada di sebelah barat bali.