Tips Feed Instagram untuk Mendulang Followers

Instagram menjadi platform yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Dengan lebih dari 53 juta pengguna pada tahun 2018 kini tahun 2020 pasti ada pertumbuhan yang lebih signifikan dari sisi penggunanya.

 

Dengan jumlah yang luar biasa banyak, tidak mengherankan banyak brand multinasional dan internasional yang melakukan pemasaran di Instagram. Instagram mempunyai kelebihan karena berfokus pada konten foto. Orang tentunya lebih senang melihat gambar dan foto ketimbang barisan tulisan seperti tulisan ini.

 

Karena begitu memanjakan para penggunanya, tidak mengherankan banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam bahkan menjadi kecanduan Instagram.

 

Untuk memasarkan via Instagram, kekuatan utama dalam pemasaran adalah konten visualnya dan ini sangatlah efektif. Karena menurut penelitian yang dilansir oleh PojokSosmed.com, ada 25% peningkatan penjualan dengan strategi pemasaran Instagram dibandingkan sosial media lainnya.

 

Oleh sebab itu, anda pun harus memanfaatkan platform yang luar biasa ini. Namun jika anda sudah melakukan pemasaran via Instagram namun tidak mendapatkan hasil yang diharapkan atau jika anda ingin memulai melakukan pemasaran via Instagram, sebaiknya perhatikanlah hal-hal detail yang anda perlukan untuk meningkatkan konten visual Instagram anda ada cara mengelola yang benar untuk Instagram.

Salah satunya membuat akan dan feed Instagram yang menarik. Berikut ulasannya:

 

1. Foto profil dan bio yang menarik

 

Foto yang paling sering dilihat oleh pengguna Instagram lain dan para followers anda adalah foto profil, jadi foto profil adalah salah satu identitas utama di samping nama akun anda.

 

Jadi saat memilih foto profil Instagram, pilihlah yang benar-benar mewakili produk dan bisnis anda. Karena ukurannya sangat kecil, anda harus membuat foto yang dapat dilihat dengan jelas.

 

Selain foto profil, selanjutnya penting juga untuk membuat bio yang baik, yaitu bio yang mampu menjelaskan apa bisnis anda dan keunggulannya. Jangan gunakan huruf kapital berlebih dan jangan gunakan emoticon berlebih karena kedua hal ini sangat mengganggu dan kurang menarik.

 

2. Gunakan tema feed Instagram

 

Jika anda perhatikan akun Instagram bisnis yang sudah sukses, anda akan melihat mereka mempunyai tema tertentu yang diaplikasikan pada setiap konten yang di-posting.

 

Ini agar terlihat menarik secara keseluruhan karena setiap konten masih satu tema desain dengan yang lainnya. Namun sayangnya ini sering dilupakan oleh para pengguna Instagram. Mereka hanya berfokus pada meng-upload foto saja namun lupa akan tema besarnya.

 

Sebaiknya ada warna tema khusus atau elemen desain khusus pada setiap konten yang anda upload.

 

3. Gunakan tema senada

 

Setiap produk atau bisnis mempunyai tema tertentu dan saat mengupload foto atau gambar terbaru gunakanlah warna senada.

 

Yang dimaksud dengan warna senada bukanlah warna yang mirip untuk semua konten, tetapi wanita yang mirip dengan warna produk dan bisnis anda.

 

4. Membuat foto bersambung

 

Foto bersambung cukup populer bagi sebuah bisnis. Anda bisa menggabungkan 9, 6 atau 3 foto menjadi satu konten utuh yang menarik untuk dilihat.

 

Namun perlu diperhatikan bahwa saat membuatnya, pastikan tidak ada tulisan yang terpotong. Jadi solusinya anda bisa memajang produk pada postingan sebelah kiri gambar lainnya bagian tengah dan caption gambar di bagian kanan. Dengan demikian saat orang melihat salah satu gambar tadi, ia tidak melihat gambar terpotong. Membuatnya lumayan sulit, jadi anda harus mencontoh beberapa akun yang ada sebagai referensi dan perhatikanlah desain, rasio dan ukuran feed Instagram yang mereka gunakan.