Tips Memilih Jasa Desain Logo Profesional dan Terpercaya

Logo memegang peranan penting dalam membentuk image sebuah brand atau perusahaan. Oleh karena itu, desain dan proses desain logo harus sangat diperhatikan. Agar hasilnya maksimal, menggunakan jasa desain logo menjadi solusi terbaik. Pasalnya proses desain akan dilakukan oleh profesional yang telah berpengalaman dalam bidangnya.

Dalam pemilihan penyedia layanan desain logo, tentu tak boleh dilakukan sembarangan. Jika salah pilih, bisa-bisa desain logo tidak sesuai dengan keinginan anda. Untuk mendapatkan jasa pembuatan logo terbaik dan terpercaya, terdapat beberapa tips yang bisa diikuti. Apa saja tipsnya? Simak jawabannya berikut ini!

Tips Memilih Jasa Desain Logo

Untuk mendapatkan desain logo terbaik, tentu diperlukan jasa desain yang profesional. Ikuti beberapa tips di bawah ini ketika akan memilih jasa pembuatan logo! Dijamin anda akan menemukan jasa pembuatan logo terbaik dan terpercaya.

1. Ketahui Skill Desain Grafis

Untuk mendesain sesuatu diperlukan skill dan kreativitas yang tinggi, tak terkecuali dengan desain logo. Untuk mempercayakan project anda, pastikan desainer memiliki skill atau kemampuan mumpuni. Meskipun bukan menjadi parameter utama, tetapi cara mempelajari desain grafis dari desainer wajib diketahui. Apakah mereka belajar secara otodidak atau dari jalur akademis.

Selain itu, pilihlah desain grafis yang profesional dalam bidangnya. Bagaimana tolak ukur profesional dalam bidang ini? yaitu tidak idealis, paham kondisi pasar saat ini, skill mumpuni dalam desain, dan tidak memaksakan desain kepada klien. Faktor tersebut sangat perlu diperhatikan karena mendesain logo tidaklah sama dengan karya seni. Terdapat beberapa peraturan dan kaidah yang mengikat sehingga tidak bisa dilakukan sesuka hati.

2. Menguasai Ilmu Marketing

Tidak hanya untuk pebisnis, ternyata ilmu marketing wajib hukumnya untuk dimiliki seorang desain grafis. Mengapa demikian? Karena mereka harus bisa mengamati segmentasi pasar yang berkembang saat ini. Sehingga desain grafis bisa mengetahui perkembangan logo yang tengah marak digunakan.

Tidak sampai di situ, penguasaan ilmu marketing juga berfungsi agar desainer bisa mendesain logo sesuai dengan target pasar dari klien. Contohnya jika klien adalah sebuah perusahaan besar yang bergerak dalam bidang obat-obatan. Desain grafis yang baik akan menciptakan logo yang terlihat natural dan innocence. Sehingga calon konsumen dari klien bisa bersimpati dan percaya, meskipun hanya dari bagian logonya saja.

3. Memiliki Brand Management yang Baik

Pilihlah jasa pembuatan logo yang memiliki brand management yang baik. Brand management adalah kemampuan untuk mengatur image sebuah brand agar terlihat baik dari sisi luar. Jika anda memilih jasa desain yang tidak memiliki brand management yang baik, lalu bagaimana bisa mereka akan branding image usaha anda melalui logo yang didesain?

Tidak hanya dari sisi luar, brand management juga harus mengatur perusahaan dari sisi intern. Pastikan project tidak dilakukan oleh satu orang, melainkan dengan kerja sama tim yang terintegrasi. Sehingga output yang dihasilkan bisa maksimal dan memenuhi berbagai kaidah ilmu.

4. Mampu Menyampaikan Pesan Melalui Logo

Satu indikator jasa pembuatan logo yang baik yaitu mampu menyampaikan pesan dengan baik meskipun hanya dari logo. Logo merupakan branding image terdepan dari sebuah perusahaan atau organisasi. Dengan logo, masyarakat akan menilai bagaimana karakter dari brand tersebut.

Untuk itu, penting sekali untuk membuat logo yang sesuai dengan branding image yang diinginkan. Konsultasikan dengan desainer, bagaimana branding image dan pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat. Jasa pembuatan logo profesional tentunya akan cepat tanggap dan membuat logo sesuai dengan keinginan klien.

5. Mampu Membuat Image Jangka Panjang

Tidak seperti kemasan atau packaging, logo biasanya tidak mudah untuk diganti desainnya. Hal ini disebabkan oleh image yang melekat dalam diri masyarakat. Seperti yang diketahui bahwa membangun image dalam hati masyarakat bukanlah perkara mudah. Sangat disayangkan sekali jika harus membangun image di mata masyarakat dari awal.

Oleh karena itu, pilihlah jasa pembuatan logo yang bisa membuat desain logo timeless atau jangka panjang. Sehingga desain logo tetap bisa beradaptasi dengan perubahan jaman dan tak lekang oleh waktu.

Agar mencapai deal yang memuaskan, lakukanlah konsultasi secara intens dan detail bersama desain grafis. Dapatkan titik temu desain logo yang simpel namun bisa menyampaikan image dari suatu brand.

6. Mampu Menghasilkan Desain yang Aplikatif

Konsumen memang terdiri dari beberapa segmentasi. Media yang digunakan untuk setiap segmen pun tentu berbeda satu sama lain. Jadi, usahakan jasa pembuatan logo yang dipilih mampu menghasilkan logo yang aplikatif.

Artian aplikatif pada konteks ini yaitu logo bisa diaplikasikan pada berbagai media pemasaran. Jika tidak, pencantuman logo akan terkesan dipaksakan dan tidak terlihat alami. Tentunya ini akan berpengaruh pada pemikiran dan minat dari customer klien.

7. Desain yang Original

Apa artinya desain yang menarik jika menjiplak dari karya orang lain? Logo yang dihasilkan pun tidak akan terlihat orisinilitasnya. Hal ini akan membuat konsumen bingung dan susah untuk membedakan image brand anda dan pihak yang dijiplak. Tentunya ini akan berdampak buruk pada income maupun branding image perusahaan anda.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih jasa pembuatan logo yang mampu menghasilkan karya yang orisinil. Selalu kawal dan konsultasikan setiap sudut dari logo, agar tidak terkesan menjiplak logo brand lain.

8. Cek Portofolio dan Testimoni

Sulit sekali untuk mengetahui kinerja dan performa dari jasa desain grafis dalam waktu sekejap. Dengan branding image dan brand management yang baik, mereka bisa menampilkan image yang  positif dan bagus. Hal tersebut hanyalah topeng belaka, untuk mengetahui kebenarannya anda harus mengecek portofolio dan testimoni dari jasa desain grafis tersebut.

Portofolio merupakan kumpulan project yang telah berhasil diselesaikan. Sedangkan testimoni adalah pendapat klien mengenai hasil atau output logo yang dihasilkan. Apabila portofolionya bagus dan menarik, anda bisa menaruh setengah kepercayaan kepada mereka. Namun jika testimoni klien juga bagus, anda bisa memberikan kepercayaan 100% kepada desain grafis tersebut.

Cara melihat portofolio dan testimoni cukup mudah, anda tinggal melihatnya di website resminya. Sebuah jasa desain logo yang bagus, tentu akan memiliki website guna memberikan pengalaman yang lebih baik kepada kliennya.

9. Harga Bersaing

Pelayanan memuaskan tidak selalu diiringi dengan harga tinggi. Masih banyak jasa desain yang kinerja dan hasilnya memuaskan, tetapi biaya yang dipatok masih masuk akal.

 

Meskipun demikian jangan pula tergiur dengan harga murah. Perhatikan dulu sembilan tips di atas, jika jasa desain tersebut memenuhi 8 kriteria tersebut, anda baru boleh meliriknya.

Untuk mendapatkan jasa desain profesional dengan harga bersaing, tergantung pada diri anda sendiri. Jika anda jeli dan tidak lelah mencari informasi, tentu anda akan mendapatkan desain grafis terbaik dan sesuai dengan preferensi.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai tips dan cara memilih jasa desain logo profesional dan terbaik. Apabila anda mengikuti tips-tips di atas secara runtut, dijamin anda akan mendapatkan jasa pembuatan logo terbaik. sehingga tentunya output logo yang dihasilkan pun juga memuaskan kedua belah pihak.